Keren! "Manga Baru" Tezuka Dibuat dengan Artificial Intelligence

Pop Kultur Mar 01, 2020

Seperti yang diketahui, Osamu Tezuka merupakan seorang mangaka veteran yang dikenal sebagai pencipta serial Astro Boy. Tezuka sendiri meninggal dunia pada 9 Februari 1989 di Tokyo akibat kanker lambung. Namun kini, manganya akan “kembali dibuat” dengan menggunakan kecerdasan buatan, atau disebut juga dengan Artificial Intelligence.

Dilansi dari Crunchyroll, Minggu (1/3), perusahaan yang bertanggung jawab atas hak kekayaan intelektual para ilustrator, Tezuka Pro baru-baru ini meluncurkan TEZUKA2020 yang merupakan sebuah program pengembangan karya manga baru dengan gaya yang sama dengan Tezuka.

Program ini pun dibantu dengan menggunakan kecerdasan buatan. Alur cerita dan profil karakter dari karya Tezuka sebelumnya dimasukkan ke dalam komputer dengan tujuan melatihnya untuk menghasilkan dasar dari sebuah cerita baru.

Tentunya dalam menyelesaikan manga ini haruslah disertai dengan campur tangan manusia secara manual. Tetapi, kecerdasan buatan ini mampu menghasilkan sebuah draft dasar untuk cerita tersebut yang diperketat, ditulis, dan digambar oleh anggota Tezuka Pro.

Selain Tezuka, program kecerdasan buatan ini pun juga akan mengadaptasi gaya dari Shigeto Ikehara (Mega Man), Kenichi Kiriki (Tokyo Shutter Girl), serta Tsunogai (This Black Jack is Bad).

Adapun sebuah manga one-shot lengkap dapat dibaca dalam edisi terbaru majalah Morning dari Kodansha bersamaan dengan artikel tentang proyek ini.

Kemunculan TEZUKA2020 ini sepertinya akan menandai era baru dalam perkembangan industri kreatif di Jepang, khususnya di bidang animanga. Tetapi hal itu tentunya tidak serta merta dapat menggantikan peran manusia sebagai kreator utama dalam membuat sebuah ilustrasi.

Tag

Wahyu Soetisna

someone who loves animangas and governmental things

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.