Keren! Robot Koki Otomatis Kini Beroperasi di Jepang

Teknologi Mar 19, 2020

Di era yang serba cepat dan serba instan, negara maju seperti Jepang dituntut untuk selalu menyediakan infrastruktur yang memadai untuk mengimbangi semua tuntutan tersebut.

Seperti sebuah cabang restoran Soba Ichi yang terdapat di stasiun Higashi Kogashi, Tokyo. Dikarenakan seperti stasiun di Jepang yang cenderung cepat dan ramai, maka restoran di tempat seperti dituntut harus cepat baik untuk melayani pelanggan maupun memasak pesanan dari pelanggan.

Restoran tersebut memasang sebuah robot khusus untuk memasak mie dan melayani pelanggan. Robot ini dikembangkan oleh perusahaan desain robot dapur yang berbasis di Tokyo, Connected Robotics, dan memiliki tampilan berupa lengan multi-sambungan yang dipasang di dinding.

Lengan otomatis itu mampu secara bersamaan memegang tiga tebo. Robot tersebut juga terhubung dengan vending machine terminal untuk menerima order konsumen.

Salah satu robot yang berfungsi memasak mie

Dilansir dari Soranews24, Rabu (18/3), robot ini juga telah disetel sedemikian rupa sehingga waktu pemasakan mie, takaran untuk kuah kaldu dan pelengkap pun sangat pas. Tentu saja, baik kualitas rasa juga sama enaknya dengan buatan tangan manusia.

Setelah konsumen memesan seporsi mie soba senilai 340 Yen lewat vending machine elektronik, sang robot secara otomatis akan langsung memasak lalu meniriskan mie, dan juga menyiapkan kuah kaldu dan bahan pelengkap lainnya.

Proses pelayanan hingga penyajian mie soba oleh robot

Restoran soba yang mulai dibuka sejak Senin (16/3) lalu ini beroperasi mulai pukul 7 pagi hingga 10 malam untuk hari kerja, sedangkan untuk weekend beroperasi mulai pukul 7 pagi hingga 9 malam.

Hasil mie olahan robot otomatis

Tag

Yoan Fernanda

Seorang penggemar Pop Culture, baik Western, Korea, maupun Jepang. Dan seorang Petrolhead, fans berat Subaru #FL4TISJUSTICE

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.