Koenigsegg Rilis Megacar Hybrid Bertenaga 1.700 HP

Teknologi Mar 05, 2020

Di event bergengsi otomotif terbesar di dunia, Geneva Motor Show 2020 akan ada hal yang menarik dari booth Koenigsegg. Karena mereka baru saja mengumumkan perilisan mobil model baru yang tidak seperti model-model yang terdahulu, karena mobil ini berjenis hybrid family car yang berarti memiliki 4 kursi.

Dilansir dari situs berita otomotif Top Gear, mobil ini bernama Gemera, dan meskipun memiliki 4 kursi namun Koenigsegg tidak menghilangkan salah satu karakteristik dalam mobilnya yaitu pintu dehidral. Selain itu mobil ini cukup praktikal sebagai family car dengan fitur seperti cupholders, wireless charging, infotainment system, dan bagasi yang cukup luas.

Pintu dehidral Gemera yang terbuka sehingga memperlihatkan empat kursi

Namun, hal itu akan membuat calon pembeli terbelalak jika melihat dari segi performanya. Mobil ini menghasilkan daya sebesar 1.700 bhp dari kombinasi mesin bensin dan motor listrik, karena mobil ini adalah mobil hybrid. Untuk torsinya sebesar 3.498 Nm, akselerasi 0-100kph hanya dalam 1.9 detik, dan dapat mencapai kecepatan hingga 402kph.

Untuk mencapai performa menakjubkan itu, Koenigsegg Gemera memiliki sumber kekuatan dari dua mesin. Pertama adalah tiga motor listrik, dua untuk ban belakang dan satu terhubung ke crankshaft, yang dapat menghasilkan total 1.100 bhp. Satu unit motor listrik ini mengambil sumber energi dari baterai sebesar 800V yang dapat menempuh jarak 49 km.

Penampang dari mesin “Freevalve” dalam Gemera

Kedua adalah sebuah mesin bensin yang disebut “Freevalve”. Mesin ini berkapasitas 2.000 cc , memiliki tiga silinder dan twin turbo. Mesin ini menggerakkan roda depan dan dapat menghasilkan 600bhp dan torsi 600Nm. Iya, anda tidak salah dengar.

600 tenaga kuda dari mesin tiga silinder

Dengan semua power dari dua mesin tersebut, Gemera dapat menghasilkan 1.700bhp yang digerakkan oleh semua roda atau all-wheel-drive.

CEO dari perusahaan mobil ini yaitu Christian von Koenigsegg menjelaskan bahwa motor listrik berbaterai kecil dan mesin bensin minim emisi adalah sebuah kombinasi yang ideal untuk sebuah sports car.

Dia juga menambahkan bahwa Gemera ini merupakan sebuah mobil dengan kategori tersendiri, dimana dia memadukan performa dari megacar dengan kenyamanan untuk digunakan sehari-hari

Namun, pengguna tidak akan melihat mobil ini setiap hari karena mobil ini hanya diproduksi sebanyak 300 unit dan dibanderol dengan harga 1.7 juta Euro atau setara Rp. 26,7 miliar. Benar-benar harga yang sangat fantastis untuk mobil hybrid keluarga.

Tag

Yoan Fernanda

Seorang penggemar Pop Culture, baik Western, Korea, maupun Jepang. Dan seorang Petrolhead, fans berat Subaru #FL4TISJUSTICE

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.