Tak Lagi "Eksklusif", Kini Google Earth Dapat Diakses di Berbagai Browser

Teknologi Mar 03, 2020

Google Earth merupakan salah satu dari aplikasi Google yang berfungsi untuk memperlihatkan penampakan bumi yang difoto dari satelit, dengan beberapa lokasi di dunia yang memiliki gambar 3D.

Karena aplikasi ini dibentuk oleh Google itu sendiri, maka hanya dapat diakses secara eksklusif di Google Chrome. Namun kini, Google Earth juga dapat diakses di browser selain Chrome. Seperti misalkan Microsoft Edge, Opera, dan bahkan Mozilla Firefox.

Dilansir dari situs Windows Central, Minggu (1/3) kemarin, Jessi Beck Jordan Mears dari tim Google Earth menyatakan bahwa aplikasi Google Earth yang sebelumnya tersedia untuk Chrome saja, sekarang telah berpindah ke layanan WebAssembly yang lebih terbuka untuk seluruh browser. Pihaknya juga menjelaskan, aplikasi beta telah diuji coba selama enam bulan.

Sebenarnya, alasan Google Earth hanya bisa diakses melalui web browser Google Chrome karena aplikasi Earth menggunakan NativeClient (NaCl) yang hanya bekerja sangat baik pada web browser milik Google itu.

Namun, pihak Google pun perlahan mulai melirik web browser besutan perusahaan besar lain. Dimulai dari Safari hingga Mozilla Firefox, Opera, dan Microsoft Edge. Ini pun terjadi karena Google Earth kini terintegrasi dengan WebAssembly yang membawa native code menuju browser lain sehingga bisa kompatibel.

Tag

Yoan Fernanda

Seorang penggemar Pop Culture, baik Western, Korea, maupun Jepang. Dan seorang Petrolhead, fans berat Subaru #FL4TISJUSTICE

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.