Terapkan Lockdown, NASA Tunda Misi ke Bulan

Teknologi Mar 21, 2020

Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA atau National Aeronautics and Space Administration) menutup dua fasilitas pada Jumat (20/3) karena wabah virus corona atau COVID-19 di Amerika Serikat. Hal ini bisa menunda misi lembaga antariksa AS tersebut untuk mengirim astronaut ke Bulan pada 2024.

Virus corona atau COVID-19 ini sudah berlangsung selama beberapa bulan, yaitu sekitar 3-4 bulan. Ternyata virus corona tak hanya berdampak terhadap industri maupun suatu negara, tapi juga pada misi penjelajahan antariksa.

Dilansir dari CNN Indonesia dan Autoevolution, NASA memutuskan menutup fasilitas Michoud Assembly dan Stennis Space Center. Lembaga antariksa AS tersebut memutuskan untuk menerapkan kerja dari rumah bagi para pegawai yang bekerja di dua fasilitas itu.

Keputusan itu dibuat karena peningkatan jumlah infeksi virus corona di masyarakat sekitar dua fasilitas. Merebaknya infeksi mengganggu produksi dan pengujian roket  Space Launch System baru dan pesawat ruang angkasa Orion.

Tidak jelas apakah epidemi pada akhirnya akan mengakhiri mimpi manusia ke luar angka. Administrator lembaga antarisa AS Jim Bridenstine mengatakan beberapa dampak corona terhadap misi antariksa.

“Kepemimpinan NASA bertekad untuk menjadikan kesehatan dan keselamatan tenaga kerjanya sebagai prioritas utama saat kami menangani situasi virus corona,” kata Bridenstine

Punya Misi dalam Waktu Dekat

Dalam waktu dekat, NASA memiliki dua operasi besar, yakni peluncuran uji terbang Demo-2 dengan pesawat ruang angkasa SpaceX Crew Dragon, dan peluncuran kendaraan jelajah Perseverance ke Mars. Hingga saat ini kedua misi masih berjalan.

“Kami menyadari akan ada dampak pada misi NASA, tetapi ketika tim kami bekerja untuk menganalisis gambaran lengkap dan mengurangi risiko, kami memahami bahwa prioritas utama kami adalah kesehatan dan keselamatan tenaga kerja NASA,” ujar NASA seperti yang dilansir dari situs resmi NASA.

Tag

Yehezkiel Frederik

Photography, Technology and Videography Enthusiast

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.