Wow! Prototipe Nintendo PlayStation Terjual Seharga USD 360.000 di Acara Lelang

Gaming Mar 11, 2020

Sebelum generasi pertama PlayStation rilis, Sony sebenarnya merencanakan kolaborasi dengan Nintendo dengan membuat ekspansi yang berfungsi untuk CD Reader. Ekspansi ini ditujukan untuk mesin konsol Nintendo pada saat itu, SNES (Super Nintendo Entertainment System).

Dilansir dari Anime News Network, Rabu (11/3), salah satu prototipe itu dimenangkan melalui lelang dengan bid tertinggi USD 360.000. Pemenangnya adalah Greg McLemore, seorang kolektor yang sekaligus founder dari pets.com dan toys.com.

Prototipe ini merupakan salah satu dari 200 unit prototipe yang telah diproduksi. McLemore sendiri mengatakan bahwa konsol ini merupakan item termahal yang pernah dia beli di antara koleksinya.

“Ini satu-satunya barang termahal yang pernah saya beli di luar rumah. Saya percaya saya mendapat banyak hal. Bagi saya, itu sangat berharga, terutama jika dikombinasikan dengan sisa koleksi saya, semuanya menceritakan sebuah kisah yang ingin saya selamatkan untuk masyarakat,” ujar McLemore.

Kemenangan McLemore sepertinya adalah sebuah keberuntungan yang langka. Prototipe lain diyakini telah dihancurkan menurut Consignment Director, Video Games di Heritage Auctions, Valarie McLeckie.

Prototipe McLemore ini sendiri memiliki sangat sedikit pemilik sebelumnya. Pertama dimiliki oleh mantan CEO Sony, Olaf Olafsson. Olafsson membawa prototipe bersamanya ketika ia pindah ke Board of Directors dari perusahaan keuangan khusus bernama Advanta Corporation. Tetapi tampaknya, prototipe itu ditinggalkan pada tahun 1999 ketika ia pindah lagi ke Time Warner.

Setelah Advanta mengajukan kebangkrutan pada tahun 2009, banyak barang kepemilikannya dilelang murah. Mantan karyawan Advanta, Terry Diebold memenangkan lot yang mencakup Nintendo PlayStation milik Olafsson dan mendapati bahwa sebagian besar masih berfungsi.

Konsol tersebut dapat memutar kartrid SNES, tetapi perlu perbaikan pada drive CD-ROM dan output audio. Diebold mengirim konsol ke modder pada tahun 2017 yang mampu melakukan perbaikan yang diperlukan.

Meskipun tidak ada game yang mendukung konsol ini, namun hal ini tidak menghalangi McLemore untuk kepincut dan ikut dalam lelang yang diawali dengan harga USD 12.000 dan menang dengan bid tertinggi USD 360.000.

Pada akhirnya, rencana Sony pun gagal, dan lebih memilih untuk merilis konsol yang digadang-gadang memiliki kemampuan untuk memainkan game 3D yang pertama, yaitu PlayStation.

Tag

Yoan Fernanda

Seorang penggemar Pop Culture, baik Western, Korea, maupun Jepang. Dan seorang Petrolhead, fans berat Subaru #FL4TISJUSTICE

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.