Box Office Jepang Turun 90% Akibat Penerapan Situasi Darurat

Pop Kultur 8 Apr 2020

Banyak bioskop di Tokyo yang tutup pada akhir pekan lalu mengikuti keputusan Gubernur Tokyo, Yuriko Koike yang menghimbau seluruh masyarakat kota itu agar tetap berada di dalam rumah dan menghindari kerumunan, khususnya di akhir pekan, menyusul wabah Virus Corona yang melanda negara itu. Meskipun begitu, banyak bioskop di luar Tokyo yang masih beroperasi normal. Pemerintah Kota Tokyo bersama enam prefektur lainnya telah mendeklarasikan situasi darurat daerah yang akan berlangsung hingga sebulan.

Dilansir dari Anime News Network dan situs web Eiga.com, Selasa (7/4) kemarin, penerapan situasi darurat ini menyebabkan box office dari 10 film terbaik yang tayang minggu ini turun sekitar 63% hingga 75% dari minggu sebelumnya. Sementara kinerja box office turun 90% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, di mana pada saat itu sedang tayang 3 film box office yakni Eiga Doraemon : Nobita no Getsumen Tansaki, Dumbo, dan Tonde Saitama.

Sementara itu, Film Psycho Pass 3 : First Inspector tetap pada peringkat ke 8 dalam jajaran box office Jepang. Film ini tayang sejak 27 Maret lalu dan diputar hanya selama 2 minggu di 35 bioskop di seluruh Jepang. Namun untuk seluruh bioskop di wilayah Metropolitan Kanto (kecuali satu bioskop di Tokyo) ditutup selama akhir pekan pembukaannya.

Distributor Jepang juga telah menunda beberapa penayangan film, diantaranya Eiga Doraemon : Nobita no Shin Kyoryu, Eiga Precure Miracle Leap : Minna to Fushigi na 1-nichi, Fate/Stay Night Heaven’s Feel III : Spring Song, Princess Principal : Crown Handler, Detective Conan : The Scarlet Bullet, dan Violet Evergarden The Movie.

Tag

Wahyu Soetisna

Just a person who loves to write somethings