Data Pengguna Twitter di Mozilla Firefox Rentan Diretas

Teknologi Apr 04, 2020

Di era modern seperti keamanan, pengguna internet terutama sosial media harus mendapatkan keamanan maksimal seputar data-data rahasia mereka.

Dilansir dari Oke Techno, Sabtu (4/4), baru-baru ini pengguna Twitter dengan platform browser Mozilla Firefox baru saja mendapatkan kabar bahwa segala data penting mereka akan masuk ke dalam cache Firefox

Apabila MedForians pengguna browser Firefox, kalian akan mendapatkan pesan notifikasi sebagai berikut

“Kami baru-baru ini mengetahui bahwa cara Mozilla Firefox menyimpan data cache dari Twitter mungkin mengakibatkan informasi non-publik disimpan secara tidak sengaja di cache browser,”

“Misalnya, jika Anda mengunduh data menggunakan Firefox, browser mungkin menyimpan salinan unduhan selama periode waktu tertentu. Kami telah membuat perubahan untuk mencegah hal ini terjadi lagi,”

Dengan adanya kabar tersebut, dapat disinyalir bahwa data tersebut akan rentan bocor, bahkan hingga ke tangan peretas yang tidak bertanggung jawab.

Insinyur Mozilla Dave Townsend merangkum masalah ini dan mengungkapkannya via Twitter:

Sementara itu, Mozilla mencatat bahwa ini bukan sesuatu yang akan dapat diakses dari jarak jauh oleh penjahat.

“Ketika Anda menggunakan Firefox, data yang di-cache tetap lokal pada perangkat itu,” kata seorang juru bicara Firefox sebagaimana dikutip dari The Register.

“Jadi, jika data tetap dalam cache, itu hanya akan dapat dilihat pada perangkat itu,” lanjutnya.

Dilansir dari Forbes, Twitter juga telah mengkonfirmasi bahwa pengguna Apple Safari dan Google Chrome, dan karena itu dengan ekstensi Microsoft Edge, tidak terpengaruh oleh masalah penyimpanan data ini. Mereka juga menyatakan bahwa perubahan telah diterapkan untuk mencegah data disimpan dalam cache browser Firefox.

Sebagai penutup, nasihat dari penulis adalah alangkah baiknya bila kalian sebagai pengguna Firefox yang sedang mengakses Twitter untuk menghapus cache sebelum keluar dari browser demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Tag

Yoan Fernanda

Seorang penggemar Pop Culture, baik Western, Korea, maupun Jepang. Dan seorang Petrolhead, fans berat Subaru #FL4TISJUSTICE

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.