Duo Founder Instagram Bikin Situs Pendeteksi Virus Corona yang Anti Mainstream

Teknologi Apr 21, 2020

Dengan semakin menyebarnya Virus Corona (Covid-19) menjadikan virus ini masalah yang amat sangat serius. Mau tidak mau semua pihak dikerahkan untuk penanganan dan pencegahan, tidak terkecuali dari raksasa IT yang bertugas untuk membuat sistem yang dapat mendeteksi secara instan pengguna alat komunikasi atau orang-orang sekitar pengguna.

Seperti yang dilakukan oleh founder Instagram berikut ini. Dilansir dari Tekno Kompas dan Inet Detik, Selasa (21/4), dua orang pendiri sosial media berbasis foto dan video ini yaitu Kevin Systrom dan Mike Krieger menciptakan sebuah website bernama Rt.live.

Situ Rt.live ini menghitung seberapa cepat Covid-19 merebak di masing-masing negara bagian AS lewat angka effective infection rate (Rt). Berdasarkan informasi di situs Rt.live, angka tersebut ini sejatinya merupakan rata-rata jumlah orang yang bisa terinfeksi oleh seorang penderita Covid-19 di sebuah negara bagian.  

Infection Rate dari situs Rt.live

Seperti yang dilihat gambar dari Rt.live diatas, nilai Rt yang terpampang di situs tersebut. Untuk saat ini tampak berkisar dari angka -0,5 hingga 2,5 (kisaran angka bisa berubah) di mana semakin tinggi angkanya, maka semakin tinggi dan cepat pula tingkat penyebaran Covid-19 di negara bagian tersebut.  “Jika Rt di atas 1,0, maka virus corona akan merebak dengan cepat, sebaliknya jika Rt di bawah 1,0, maka virus tersebut bakal berhenti menyebar,” imbuh Krieger. Untuk menghasilkan nilai Rt secara akurat, Rt.live mengandalkan data dari situs pencatat virus corona covidtracking.com. Diketahui, situs ini menghitung kasus positif Covid-19 berdasarkan tes corona yang dilakukan oleh sejumlah orang.

Tag

Yoan Fernanda

Seorang penggemar Pop Culture, baik Western, Korea, maupun Jepang. Dan seorang Petrolhead, fans berat Subaru #FL4TISJUSTICE

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.