Google Chrome Berikan Update Terbaru Seputar Manajemen Tab

Teknologi 14 Apr 2020

Setelah sebelumnya Google sempat meredup karena kasus kontroversial seputar keamanan data pengguna dalam broswer Chrome, kini browser tersebut memperkenalkan fitur terbaru.

Dilansir dari Forbes, Selasa (14/4), Chrome akan memiliki update seputar manajemen tab yang bernama “Tab Groups”. Fitur ini nantinya memudahkan pengguna saat membuka banyak tab di Chrome. Caranya pun cukup mudah, di antara sebagai berikut:

  1. Klik kanan / double tap pada tab
  2. Pilih “add to new group”
  3. Drag dan drop tab grup yang telah dibuat
Tampilan Tab Group dalam Chrome
sumber : Forbes

Pengguna juga dapat mengganti warna pada grup tab yang telah dibuat. Hal ini bertujuan untuk membedakan antara grup tab satu dengan sebelahnya.

Dengan begini, pengguna tidak perlu membuka window Chrome yang baru untuk menggolongkan beberapa tab khusus, sekaligus dapat menghemat beberapa klik.

Fitur ini akan segera hadir di Chrome versi 81 untuk Windows, Mac, dan Linux. Jika update tidak terdekteksi, maka pengguna dapat mengakses tautan ini di address bar : chrome://flags/#tab-groups.

Fitur lain

Selain Tab Group, terdapat update fitur lain. Salah satunya adalah App icon badging yang stabil. Dilansir dari Micky, Hal ini dikarenakan badging API yang merupakan versi desktop dalam aplikasi ponsel. Pengembang Chrome juga dikabarkan sedang menerapkan pengujian WebXR dan NFC Web.

Tak hanya itu, jika pengguna masih tidak tahu, mereka dapat meneruskan tab saat ini yang telah dibuka ke perangkat seluler yang terhubung. Cukup klik kanan pada tab dan pilih “Send to your devices.”

Di sisi lain, pembaruan Google Chrome berikutnya akan dilaporkan mengalami penundaan untuk versi Chrome 82 karena pandemi Virus Corona, dan bakal merilis langsung update Chrome 83 pada pertengahan Mei tahun ini.

Tag

Yoan Fernanda

Seorang penggemar Pop Culture, baik Western, Korea, maupun Jepang. Dan seorang Petrolhead, fans berat Subaru #FL4TISJUSTICE