Hoaks Virus Corona - 5G, 3 Menara BTS di Inggris Dibakar Massa

Teknologi Apr 06, 2020

Ada-ada saja ulah masyarakat di Inggris. Kali ini, menara BTS 5G sedang dibakar massa di Inggris, setelah teori konspirasi online secara keliru menghubungkan menara BTS dengan pandemi Virus Corona.

Laporan BBC sebagaimana dikutip dari Kompas Tekno, Minggu (5/4), menyebutkan bahwa setidaknya tiga menara 5G di Birmingham, Liverpool dan Melling menjadi “korban” pembakaran sejak minggu lalu. Polisi dan pemadam kebakaran telah dipanggil untuk memadamkan api.

Menteri Kantor Kabinet Michael Gove mengatakan bahwa itu “omong kosong berbahaya”.

Sementara Departemen Digital, Budaya, Media, dan Olahraga mengatakan di Twitter bahwa sama sekali tidak ada bukti yang dapat dipercaya tentang hubungan antara jaringan 5G dengan virus corona.

Di sisi lain, Badan Perdagangan Mobile UK mengatakan rumor dan teori konspirasi semacam itu sungguh memprihatinkan. Pihaknya juga mengatakan pekerjanya telah menderita pelecehan dan ancaman dari massa tentang kerusakan infrastruktur dengan alasan klaim sekitar konspirasi 5G-Virus Corona.

“Ini tidak dapat diterima dan hanya berdampak pada kemampuan kita sebagai industri untuk mempertahankan ketahanan dan kapasitas operasional jaringan untuk mendukung kerja di rumah secara massal dan konektivitas kritis ke layanan darurat, konsumen yang rentan dan rumah sakit,” ungkap Badan Perdagangan Mobile UK.

Stephen Powis selaku direktur Layanan Kesehatan Nasional (NHS) merasa malu atas kejadian ini.

“Saya benar-benar marah dan jijik bahwa orang akan mengambil tindakan terhadap infrastruktur yang kita butuhkan untuk mengatasi keadaan darurat ini,” kata Stephen Powis pada briefing harian terkait virus Corona di Inggris sebagaimana dilansir dari The Verge.

Polisi maupun pemadam kebakaran sekarang telah meluncurkan penyelidikan tentang bagaimana menara 5G bisa terbakar.

Dinas Pemadam Kebakaran West Midlands mengatakan kebakaran di Birmingham melibatkan menara telekomunikasi setinggi 70 kaki. Namun, pihaknya belum mengidentifikasi penyebabnya serta tidak dapat mengkonfirmasi apakah menara BTS itu BTS 5G atau bukan.

Teori Konspirasi Virus Corona – 5G

Teori konspirasi ataupun hoaks terbaru yang beredar di Inggris menyebutkan bahwa virus corona berasal dari Wuhan, karena kota tersebut baru saja meluncurkan jaringan 5G.

Teori palsu itu juga tidak menyebutkan bahwa virus ini telah melanda negara-negara yang belum menggunakan layanan 5G, seperti Jepang dan Iran.

Full Fact, lembaga pemeriksa fakta yang bersifat non-profit dan independen di Inggris, mengklaim bahwa tidak ada bukti ilmiah yang menghubungkan pandemi virus Corona dengan teknologi 5G, juga tidak ada efek kesehatan negatif 5G secara langsung ke tubuh manusia.

Tag

Vicio Rizky

Hanya seorang mahasiswa wibu yang menyukai game, manga, anime.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.