Intel Alokasikan Dana US $50 Juta Untuk Perangi Virus Corona Dengan Teknologi Tepat Guna

Teknologi Apr 08, 2020

Tepat pada hari ini, Rabu (8/4), Intel berkomitmen untuk menambah bantuan sebesar US$50 juta dalam bentuk inisiatif teknologi tepat guna untuk memerangi virus corona melalui percepatan akses kepada teknologi yang dibutuhkan untuk merawat pasien, mempercepat penelitian ilmiah dan menjamin akses pembelajaran online bagi para siswa.

Termasuk pula di dalam upaya Intel berupa dana inovasi tambahan dimana akses terhadap keahlian dan sumber daya Intel dapat berdampak langsung. Bantuan ini merupakan komitmen lanjutan dari pengumuman sebelumnya yaitu bantuan senilai US$10 juta untuk mendukung komunitas lokal selama masa kritis ini.

“Dunia kini tengah menghadapi tantangan besar dalam memerangi COVID-19. Oleh karena itu Intel berkomitmen untuk mempercepat akses kepada teknologi yang dapat memerangi pandemi dan memungkinkan adanya teknologi baru dan penemuan ilmiah yang lebih baik; yang mempersiapkan masyarakat untuk menghadapi krisis serupa di masa depan dengan lebih baik. Kami harap dengan cara berbagi keahlian, sumber daya, dan teknologi, kami dapat membantu mempercepat upaya untuk menyelamatkan jiwa dan memperluas akses ke layanan kritis di seluruh dunia dalam masa yang penuh tantangan ini, ” ujar Bob Swan, Chief Executive Officer Intel berdasarkan rilis pers yang diterima MedForSquad.

Untuk apa dana donasi tersebut:

Intel menyediakan dana sekitar US$40 juta untuk mendukung Intel COVID-19 Response and Readiness and Online Learning Initiative.

Alokasi dana inisiatif Intel COVID-19 Response and Readiness akan digunakan untuk mempercepat kemajuan pelanggan dan mitra dalam pekerjaan diagnosa, perawatan dan pengembangan vaksin, dengan memanfaatkan teknologi seperti kecerdasan buatan (AI), komputasi kinerja tinggi, dan pengiriman layanan edge-to-cloud.

Melalui inisiatif ini, Intel akan membantu manufaktur perawatan kesehatan dan life science untuk meningkatkan ketersediaan teknologi dan solusi yang digunakan oleh rumah sakit untuk mendiagnosa dan merawat pasien COVID-19.

Hal ini juga akan mendukung terciptanya aliansi industri yang mempercepat kapasitas, kemampuan, dan kebijakan di seluruh dunia untuk merespons pandemi, saat ini maupun di masa mendatang, berdasarkan pengalaman Intel untuk mendorong inovasi teknologi di arena ilmu kesehatan dan life science.

Inisiatif Intel Online Learning akan mendukung organisasi nirlaba yang berfokus pada pendidikan dan mitra bisnis untuk memberi perangkat dan akses belajar online kepada para siswa yang sebelumnya tidak memiliki akses teknologi.

Dalam kemitraan yang erat dengan sekolah-sekolah negeri, inisiatif ini akan mencakup donasi perangkat PC, sumber daya virtual online, panduan belajar di rumah dan bantuan konektivitas perangkat.

Inisiatif Intel Online Learning dibangun berdasarkan komitmen jangka panjang Intel untuk memanfaatkan teknologi demi peningkatan kualitas pembelajaran.

Program ini akan segera dimulai di kawasan Amerika Serikat terlebih dahulu dengan kemungkinan meluas ke kawasan-kawasan lain.

Intel juga mengalokasikan dana inovasi senilai lebih dari US$10 juta sebagai bentuk dukungan atas permintaan bantuan dari karyawan maupun mitra eksternal, sesuai kebutuhan komunitas mereka masing- masing. Contohnya:

• Intel bekerja sama dengan Dewan Riset Ilmiah dan Industri India serta Institut Internasional Teknologi Informasi, Hyderabad, untuk menerapkan kemampuan solusi server Intel beserta jejaringnya dalam pengujian COVID-19 maupun pengurutan genom coronavirus untuk memahami epidemiologi dan stratifikasi risiko berbasis AI bagi pasien yang memiliki penyakit penyerta atau komorbiditas secara lebih cepat dan lebih murah.

Intel juga berkolaborasi dengan Asosiasi Perusahaan Perangkat Lunak dan Layanan Nasional India untuk membangun ekosistem aplikasi dan multicloud back end untuk memungkinkan diagnosa populasi COVID-19, memprediksi pergerakan wabah maupun untuk meningkatkan manajemen dan administrasi perawatan medis.

Virtual ICU

• Platform Sickbay™ dari Medical Informatics Corp. (MIC) yang ditenagai oleh teknologi Intel, adalah solusi yang dapat mengubah tempat tidur menjadi tempat tidur ICU virtual dalam beberapa menit, sehingga membantu melindungi pekerja kesehatan dari risiko terpapar virus dengan jarak klinis dan memperluas kapasitas perawatan mereka secara signifikan.

Belum lama ini, Rumah Sakit Methodist Houston menerapkan Sickbay untuk ICU virtual mereka, dan dalam waktu hanya satu hari mampu mendukung pemantauan pasien COVID-19 mereka dan memungkinkan petugas rumah sakit memantau pasien secara virtual tanpa risiko terpapar bahaya di kamar ICU mereka.

• Di Britania Raya, Intel bekerja sama dengan Dyson dan perusahaan konsultan medis TTP untuk memasok FPGA untuk CoVent, ventilator baru yang dirancang khusus untuk menjawab permintaan bantuan dari pemerintah AS. Ventilator masih menunggu persetujuan dari pihak berwenang dan dirancang fleksibel untuk tempat tidur.

Mengapa hal ini penting:

Teknologi Intel menopang produk dan layanan penting yang digunakan sehari- hari oleh masyarakat, pemerintah, maupun organisasi layanan kesehatan di seluruh dunia.

Intel harap dengan memanfaatkan keahlian, sumber daya, teknologi, dan talenta yang ada, dapat membantu menyelamatkan dan memperkaya kehidupan dengan memecahkan tantangan terbesar dunia melalui penciptaan dan pengembangan inovasi baru berbasis teknologi baru.

Bantuan untuk menangani dampak Virus Corona sampai hari ini:

Inisiatif respon teknologi ini merupakan dukungan tambahan dari bantuan Intel sebelumnya, yaitu donasi senilai US$10 juta untuk mendukung komunitas lokal selama masa kritis saat ini.

Donasi-donasi tersebut termasuk 1 juta sarung tangan, masker dan peralatan medis lainnya kepada para petugas kesehatan, dana sebesar US$6 juta dari Intel Foundation dan US$4 juta dari Intel dan anak perusahaannya di seluruh dunia.

Upaya Bantuan Teknologi Lainnya:

Sebagaimana telah diumumkan sebelumnya, Intel dan Lenovo telah bekerja sama dengan BGI Genomics yang berbasis di Beijing untuk mempercepat analisa karakteristik genomic (bagaimana suatu organisme bekerja, dan apa akibat dari interaksi antar gen serta pengaruh lingkungan terhadapnya) COVID-19.

Intel juga bergabung dengan global XPRIZE Pandemic Alliance bersama perusahaan-perusahaan lain untuk bekerja sama mencari solusi dan inovasi untuk menghadapi pandemi ini secara efektif.

Tag

Vicio Rizky

Hanya seorang mahasiswa wibu yang menyukai game, manga, anime.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.