Menonton Anime di 4 Layanan Streaming Legal Saat #DiRumahAja, Unggul Mana?

Pop Kultur Apr 01, 2020

Situs streaming legal saat ini sudah cukup banyak beredar di Indonesia. Tapi sayangnya, meski sudah banyak mengeluarkan uang, hanya sedikit layanan streaming yang menyediakan konten anime.

MedForSquad bakal mengulas sejumlah situs layanan streaming legal yang menyediakan konten anime. Namun, penulis hanya membahasnya dengan melalui akses via smartphone dan koneksi WiFi. Bagi pengguna paket data, disarankan untuk menggunakan 4G yang stabil dan paket khusus untuk mengakses layanan streaming ini.

Netflix

Layanan streaming Netflix merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Dengan harga untuk layanan standar sebesar Rp 109.000, MedForians sudah bisa menikmati ribuan konten lebih film ataupun seri tv hingga konten orisinal dari Netflix.

Khusus untuk regional Indonesia, Netflix menyediakan layanan berlangganan dari smartphone seharga Rp 49.000. Penulis sendiri merasakan paket seluler bisa dibilang cukup sepadan. Dengan resolusi 480p, Netflix terbilang sebagai yang selalu update terkait konten anime ataupun membuat adaptasi anime produksi Netflix sendiri.

Update terbaru dari Netflix sendiri telah menyediakan anime The Promised Neverland, To Aru Majutsu Index Season 3, dan banyak anime dari produksi Studio Ghibli.

Tak hanya anime baru, anime lawas terkenal pun masih bisa kalian saksikan. Seperti Great Teacher Onizuka, Evangelion, hingga Inuyasha (khusus episode Inuyasha tidak tersedia secara lengkap).

Genflix – Sushiroll

Genflix merupakan layanan streaming milik PT Festival Citra Lestari, anak usaha dari Sinar Mas. Pesaing dari Netflix ini bersama situs streaming anime legal Sushiroll juga menyertakan sejumlah konten anime ternama, seperti musim pertama Shokugeki no Souma, Tokyo Ghoul Re:, Film Doraemon Stand By Me, musim ketiga Boku no Hero Academia, Dr. Stone hingga Himouto Umaru-chan.

Sayangnya, konten anime ini hanya bisa dinikmati untuk pengguna premium. Saat ini, anime terbaru yang update adalah Kono Oto Tomare 2nd Season, Film lawas Detective Conan, dan Chidori RSC. Tak hanya itu, beberapa anime juga kurang lengkap dalam hal jumlah episode.



Harga berlangganan Genflix sebulan paling murah adalah Rp 49.000, dan ada paket setahun Rp 149.000. Genflix sendiri juga bekerja sama dengan Indosat untuk menyediakan paket khusus berlangganan harian ataupun mingguan. Sedangkan Sushiroll bekerja sama dengan operator lain seperti 3.

iFlix

iFlix, layanan video on demand (VOD) gratis dari Malaysia turut hadir secara masif di Indonesia. Meski lebih sering update Film dan seri sinetron Indonesia serta K-Drama, tapi sebenarnya iFlix masih menyediakan sejumlah anime ternama ataupun yang under Rated.

Dua anime ternama yang ada adalah Made in Abyss dan 2 Musim anime New Game serta Full Metal Panic IV. Tak hanya itu, iFlix juga menyediakan anime yang benar-benar lawas dari era 80-an seperti Manie Manie dan Dagger of Kamui.

Sayangnya, sebagian anime ada yang masih menggunakan subtitle Bahasa Inggris dan Melayu, sehingga mungkin sedikit kesulitan. Penulis juga sedikit menyayangkan bahwa ketika awal berlangganan iFlix dulu sejumlah anime unggulan justru menghilang, seperti One Punch Man dan Shingeki no Bahamut.



Untuk paket langganan cukup murah, hanya Rp 39.000 per bulan. Tak hanya itu, iFlix juga menyediakan paket harian yang bisa dibayar dengan pulsa.

iFlix juga bekerja sama dengan Indi Home ataupun operator BUMN, Telkomsel untuk memberikan paket berlangganan. Selain Telkomsel, iFlix berkolaborasi dengan XL Axiata untuk menyediakan paket kuota data khusus.

Namun jika tak ingin berlangganan, iFlix masih bisa dinikmati dengan menyelipkan video iklan berdurasi singkat 10-20 detik (meski iklannya sedikit menjengkelkan).

Sama seperti Genflix, iFlix juga menyediakan sejumlah promo berlangganan yang menarik. Penulis sendiri sempat merasakan paket berlangganan VIP khusus Imlek dengan durasi 6 bulan dan hanya mengeluarkan budget kurang dari 20.000. Kualitas gambar sendiri sangat HD dan cukup enak untuk ditonton jika menggunakan smart tv sekalipun.

Vision+

Vision+ merupakan layanan streaming yang dimiliki oleh MNC. Vision+ bisa diakses secara gratis. diketahui bahwa Vision+ menyediakan anime dari Ponimu Indonesia. Hal ini terlihat dari watermark Ponimu yang muncul jika streaming.

Untuk konten seri anime yang menjadi unggulan adalah Girls und Panzer dan Tari-tari. Sayangnya, setiap seri anime hanya tersedia sebanyak lima episode.

Secara keseluruhan, MedForSquad merasakan bahwa Netflix masih sebagai layanan streaming terunggul dan selalu menyediakan konten anime terbaru yang bisa dibilang lebih dikenal di kalangan otaku dan wibu serta jumlah episode yang lebih lengkap (sampai akhir). Namun, seperti kata pepatah, ada harga ada kualitas. Bagi yang memiliki dana cekak atau hanya ingin berlangganan harian, MedForians masih bisa menonton di situs streaming legal lainnya.

Selain keempat layanan streaming ini, masih ada layanan legal lain yang bisa penulis rekomendasikan, seperti Go-Play milik GOJEK ataupun Crunchyroll.

Sumber gambar: Crunchyroll

Tag

Vicio Rizky

Hanya seorang mahasiswa wibu yang menyukai game, manga, anime.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.