NHK World Investigasi Dampak Pandemi Corona Terhadap Industri Anime

Media Apr 03, 2020

Pada Maret lalu, NHK World, kanal internasional milik NHK menayangkan sebuah acara investigasi untuk menyelidiki pengaruh dan dampak pandemi virus Corona (COVID-19) terhadap industri anime.

Dilansir dari Crunchyroll, Jumat (3/4), dalam sebuah program bertajuk “Newsline In Depth” pada segmen “Anime vs Virus”, NHK memperlihatkan bagaimana studio animasi tetap bertahan di tengah “lockdown”, bagaimana para produser saling bertemu dalam ajang yang dijadwalkan untuk acara AnimeJapan yang dibatalkan, hingga promosi anime di tengah social distancing.

Banyak produksi anime ditunda akibat beberapa studio rekanan studio besar di daratan Tiongkok terpengaruh kebijakan lockdown. Menurut Yara Lo, CEO studio Akatsuki Co., Ltd, mereka biasanya mengirim perwakilan untuk mengambil pekerjaan, yang merupakan frame animasi manual berbentuk fisik, yang sudah selesai dari Tiongkok dan menerbangkannya kembali ke Jepang – yang tidak bisa dilakukkan setelah kebijakan penutupan bandara dari penerbangan internasional.

Selain itu, penundaan pengiriman paket internasional dari Tiongkok ke Jepang oleh JP Post juga mempengaruhi pengiriman dari dan ke Jepang, termasuk distribusi merchandise dan frame animasi fisik.

Acara berlanjut saat NHK memperlihatkan pertemuan antara produser anime dengan pihak distributor luar negeri yang seharusnya dijadwalkan pada AnimeJapan, namun dibatalkan akibat pandemi dan kebijakan pemerintah Tokyo untuk membatalkan sejumlah agenda besar yang melibatkan banyak kerumunan.

Pada segmen berikutnya, NHK memperlihatkan bagaimana Bushiroad mempromosikan anime singkat bertajuk “Rebirth With You” dengan menampilkan para pengisi suara, Runa Narumi dan Yuka Nishio, melalui siaran langsung dalam sebuah kuil tanpa penonton.

Narumi mengatakan bahwa dia menikmati melakukan siaran langsung karena mereka dapat terhubung dengan lebih banyak penggemar, termasuk dari luar negeri.

Ketiga segmen di atas hanyalah sebagian kecil dari situasi yang sedang dihadapi semenjak pandemi Corona merebak, dan meningkatnya kasus di Jepang. Menarik untuk disimak bagaimana kelanjutan produksi anime di tengah pandemi ini apa akan berpengaruh lebih besar lagi kedepannya.

MedForians dapat menyaksikan acara tersebut secara penuh melalui situs NHK World Japan.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.