Pandemi Corona, Facebook Tambah Reaction Baru Sebagai Bentuk Solidaritas

Teknologi Apr 19, 2020

Facebook baru-baru ini diketahui menambahkan reaction tambahan dalam aplikasinya. Hal ini sebagai bentuk ekspresi peduli dan solidaritas selama pandemi Virus Corona (COVID-19) yang sedang melanda berbagai negara di dunia.

Dilansir dari USA Today via ABS CBN, Minggu (19/4), perusahaan tersebut mengatakan bahwa mereka telah meluncurkan reaction peduli yang digambarkan dalam bentuk emoji yang memeluk sebuah hati disamping enam emoji yang sudah tersedia sebelumnya, yakni suka, cinta, tertawa, wow, sedih, dan marah.

“Itu terjadi ketika ‘hati biasa tidak merasa cukup dalam menyatakan dukungan bagi mereka yang berjuang selama periode isolasi ini,” ujar Fidji Simo, kepala aplikasi Facebook.

Selain reaction peluk dalam aplikasi utamanya, Facebook juga diketahui menambahkan reaction peduli lainnya dalam aplikasi turunannya, Messenger. Berbeda dengan aplikasi utamanya yang digambarkan sebagai pelukan hati, dalam Messenger reaction ini digambarkan dalam bentuk hati berwarna ungu.

Sebenarnya penambahan reaction sementara ini bukan pertama kalinya dilakukan oleh Facebook. Sebelumnya, mereka juga pernah menambahkan reaction bunga berwarna keunguan sebagai peringatan hari ibu di Amerika Serikat. Facebook juga sempat menambahkan reaction bendera pelangi dalam rangka menyambut World Pride Day.

Tanggapan Facebook sendiri terhadap krisis COVID-19 terbukti menjadi ujian bagaimana jejaring sosial raksasa ini memperhitungkan kekuatan dan pengaruhnya yang luar biasa setelah gelombang negatif dan skandal privasi keamanan sempat mengancam reputasinya beberapa tahun terakhir.

Tag

Wahyu Soetisna

someone who loves animangas and governmental things

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.