[Review] 22/7, Anime Idol yang Out of The Box

Pop Kultur Apr 02, 2020

Kali ini, MedForSquad akan mengulas sebuah anime idol yang tidak seperti anime idol lainnya seperti Idolmaster ataupun Love Live. Bahkan dari namanya pun juga terlihat out-of-the-box.

22/7 (Dibaca: Nanabun no Nijyuuni) merupakan serial animasi idol yang menceritakan grup idol yang juga bernama sama, 22/7. Grup idol 22/7 sendiri merupakan sebuah grup idol 2.5D yang digarap oleh Yasushi “Aki-P” Akimoto, yang juga menggarap grup idol seperti AKB48 franchise dan Sakamichi series.

Animenya sendiri mengusung genre idol slice of life, yang dimana menceritakan tentang dinamika kehidupan dalam dunia peridolan, dan juga menyajikan kisah dibalik beberapa member 22/7. Ditambah dengan sedikit bumbu misteri karena ada satu hal dibalik semua perintah yang dilakukan oleh kedelapan member 22/7. Yaitu, sang dinding.

[SPOILER ALERT]

Namun, sebelum kita melanjutkan ulasan ini, perlu diingat bahwa artikel ini mengandung spoiler yang dimana jika MedForians belum pernah menonton seri anime, kalian mungkin tidak akan mendapatkan esensi dari menonton anime-nya.

Dinding Misterius, Sang Pengatur Perintah Yang Mutlak

“Perintah Dinding itu Mutlak,” ucap Gouda-San setelah ia menjelaskan soal perintah pertama yang keluar dari balik dinding misterius itu. Perintah Dinding adalah hal yang harus dipatuhi oleh kedelapan member 22/7 dan juga pegawai G.I.P, pasalnya semua perintah yang dikeluarkan oleh sang dinding bersifat mutlak dan tidak dapat di ganggu gugat, sekalipun beberapa perintah dirasa tidak sesuai ekspetasi.

Seperti halnya pemilihan Miu sebagai center, yang membuat Nicole melayangkan protes kepada sang dinding karena menurutnya hasil penilaiannya menjadi tidak begitu berguna. Selain itu, pada saat mereka melakukan sesi pemotretan di pantai, Reika justru tidak sepakat dengan perintah itu karena pakaiannya terlalu “ekstrem” baginya.

Bahkan, ada satu perintah yang dikeluarkan sang dinding yang sangat tidak diduga. Yaitu saat 22/7 sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan penggemarnya, sang dinding memutuskan untuk membubarkan 22/7, yang membuat kedelapan member dan penggemar 22/7 tidak terima atas keputusan yang mendadak itu.

Puncaknya, kedelapan member yang tidak terima atas pembubaran 22/7 meluapkan emosinya kepada sang dinding di final episode dari anime ini. Mereka melemparkan barang-barang yang ada di ruangan utama G.I.P yang membuat sebuah lubang di mana mereka mengetahui apa yang ada di balik dinding itu.

Selain mengeluarkan perintah, sang dinding juga mengikuti semua kegiatan kedelapan member dari masa lalu. Walhasil, saat mereka berhasil membuat lubang menuju “ruangan rahasia” itu, mereka menemukan jawaban atas apa yang selama ini mereka tanyakan, “Mengapa G.I.P memilih mereka?”

Merangkai Cerita Dari Masa Lalu

Selain menceritakan lika-liku di dunia idol, 22/7 juga menghadirkan kisah di balik kedelapan anggotanya di masa lalu.

Dimulai dari Fujima Sakura dan kenangan dengan Nenek kesayangannya, Kono Miyako dan kehidupannya bersama adik-adiknya, Sato Reika dan kehidupannya dengan sang Ayah, Toda Jun dan Yuu-Chan yang membuat air mata mengalir, Maruyama Akane dan mukjizatnya saat berada di gunung, Tachikawa Ayaka dan kisah lucu bersama kakak-kakaknya, dan Saito Nicole yang ternyata pernah satu sekolah dengan Miu.

Menurut MedForSquad, episode ke-7 bisa dibilang sebagai episode paling menyedihkan di 22/7. Pasalnya, ikatan Jun dengan Yuu sudah sangat erat, namun ia harus berpisah untuk selamanya.

Episode ke-9 bisa dibilang sebagai episode yang membuat penulis tertawa lepas karena sifat cengengnya Ayaka saat bersama dengan kakaknya di masa lampau (dan juga bagian saat Miyako dan Akane bertengkar yang sangat meme-able).

Penulis juga suka dengan backstory Nicole yang menceritakan tentang hubungannya dengan Miu. Bahkan di episode terakhir, Nicole dan Miu akhirnya bisa menyadari bahwa mereka berdua dipertemukan kembali setelah sekian lama terpisah paska pementasan drama (yang disajikan di episode 11).

Bagaimana, MedForians? Apakah dengan membaca ulasan dari MedForSquad ini bisa mengunggah lebih dalam rasa penasaran kalian tentang 22/7? Yuk, beri tanggapannya!

Tag

Ilham Purnama Sadik

Seorang Technogeek, graphic design dan Automotive enthusiast yang suka menjelajahi hal baru

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.