Menu Tutup

[Review] World War Z, Sebuah Karya Adaptasi Yang Seru dan Menegangkan!

Dalam review kali ini, MedForSquad akan mengulas sebuah gim dengan jenis Third Person Shooter Horor layaknya karya legendaris Valve yang penuh dengan aksi kerjasama tim membrantas para zombie, mungkin dari MedForSquad sudah ada yang familiar dengan judul World War Z.

Berdasarkan adaptasi pada sebuah novel karya Max Brooks dengan judul yang sama dan juga berdasarkan adaptasi filmnya yang dibintangi oleh Brad Pitt. Namun yang seperti MedForians tahu, gim ini juga memiliki formula yang sama dengan franchise Left 4 Dead dan Left 4 Dead 2 garapan Valve, dirilis jauh di tahun 2009 lalu.

Fans yang menantikan hampir selama satu dekade untuk seri ketiga, developer Saber Interactive telah mengambil ide yang membuat gim pembrantasan zombie klasik dari Valve itu menjadi hebat dan membuatnya dalam versi mereka sendiri dengan menyuntikan berbagai aspek baru ke tahun 2019 lalu.

Tak lama ini Epic Store juga telah memberikan kejutan besar dengan menggratiskan salah satu gim zombie satu ini, tepat pada tanggal 27 Maret sampai 2 April kemarin dan hari ini yang terbaru Epic Store kembali menggratiskan beberapa gim indie yang tak kalah seru.

Sejauh MedForSquad memainkan gim World War Z, fokus pertama redaksi yaitu pada grafis yang memang menjadi sebuah daya tarik tersendiri. World War Z menyajikan grafis yang begitu keren dan setiap tekstur terlihat detail walaupun redaksi sendiri hanya mengatur grafis di mode “All Medium”, namun sekali lagi gim ini benar-benar berhasil menyajikan sebuah grafis yang keren.

Untuk mekanisme gameplay, gim ini mirip sekali dengan Left 4 Dead mulai dari Co-op Team sampai Offline Team namun ada beberapa mode baru dan juga angle kamera yang berbeda lebih ke arah Third Person. Gim ini juga mengutamakan sebuah plot yang bertahap dengan beberapa episode yang dibagi menjadi beberapa part dalam 1 episode, dan masing-masing episode juga memiliki berbagai karakter berbeda. Di samping itu semua, World War Z menyajikan kostumisasi tambahan karakter sampai senjata, upgrade skill pada kelas, kelas untuk kemampuan spesial karakter yang pemain mainkan, serta tingkat kesulitan. World War Z bisa dibilang paket lengkap dan segar dari Left 4 Dead garapan Valve, namun dengan adanya inovasi tersebut penulis berharap kepada Valve untuk membuat karya yang jauh lebih memuaskan dan lebih hebat dari karya mereka sebelumnya.

Atmosfer pada gim ini juga sangat terasa di mana pemain akan merasakan ketegangan dengan teman satu tim saat memberantas zombie pada tiap sudut tempat dan lorong-lorong yang ada di gim ini. Berbagai jenis zombie dengan tingkatan yang berbeda-beda juga memberikan pemain sebuah rasa kehati-hatian dalam melakukan tindakan di gim ini, di mana pemain juga diwajibkan bekerjasama untuk memulai strategi penyerangan. Ada saatnya kalian akan di serbu ratusan zombie dalam satu waktu dan di berbagai sudut yang memungkinkan para zombie tersebut muncul.

BACA JUGA :  Ubisoft Umumkan Kehadiran Game Battle Royale Hyper Scape

Untuk urusan perfoma serta server di mode online-nya pun tidak ada kendala. Mulai dari render tiap teksturnya, pergerakan setiap animasi, efek partikel sampai bandwitch yang ditampung oleh server. Namun MedForSquad sarankan jika ingin memainkan pada mode online, pemain juga harus memperhatikan rata-rata bandwitch internet sendiri, apakah layak atau tidak.

BACA JUGA :  Bandai Namco Akan Hadirkan Event Digital Bertajuk Play Anime Live!

Kesimpulan World War Z yaitu memberikan sebuah konten lklasik dengan nuansa dan inovasi baru dari segala aspek yang disuntikan dengan pencetus awal mode gim seperti ini. Bagaimana MedForians? Apakah kalian sudah mencoba gim ini? Berikan tanggapan kalian di kolom komentar.

Kembali ke Atas

BACA JUGA

×