Saingi Twitch dan YouTube, Facebook Luncurkan Aplikasi Game Khusus

Gaming Apr 22, 2020

Kepopuleran Twitch dan YouTube sebagai platform streaming memang hampir tak terbendung, termasuk juga oleh kalangan gamer. Namun sepertinya mereka akan memiliki pesaing baru setelah Facebook mengumumkan bahwa mereka akan merilis sebuah aplikasi game mobile khusus.

Dilansir dari CNBC dan The Verge, Selasa (21/4), aplikasi game Facebook tersebut sebagian besar akan dikuratori dan fokus pada komunitas streaming. Meski demikian, aplikasi tersebut juga akan menyoroti game kasual yang mungkin orang-orang sudah mengenalnya sejak lama seperti World with Friends.

Aplikasi yang telah diperkenalkan ini awalnya hanya tersedia di perangkat Android saja. Rencananya, aplikasi itu juga akan dirilis untuk iOS jika Apple sudah menyetujuinya. Untuk saat ini, pengujian aplikasinya telah tersedia di Asia Tenggara dan Amerika Latin selama 18 bulan terakhir

Dengan peningkatan jumlah pengguna yang melakukan streaming pada Facebook Gaming selama pandemi virus Corona menyebabkan Facebook meluncurkan aplikasi ini lebih cepat dari jadwal. Sebelumnya, aplikasi ini direncanakan akan rilis pada bulan Juni.

Facebook sendiri telah berinvestasi dalam game selama bertahun-tahun dan telah mencoba membangun komunitas streaming dengan bermitra dengan berbagai pembuat konten dan menyelenggarakan berbagai turnamen e-sport.

Meskipun basis pengguna Facebook yang besar sekitar lebih dari 2,5 miliar orang setiap bulannya, namun mereka sendiri masih tertinggal di belakang Twitch dan YouTube dalam hal waktu gameplay yang ditonton.

Tag

Wahyu Soetisna

someone who loves animangas and governmental things

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.