Sayonara, Gedung Studio 1 Kyoto Animation Akhirnya Selesai Dirobohkan

Pop Kultur Apr 30, 2020

MedForians masih ingat dengan kejadian pembakaran gedung studio Kyoto Animation? Setelah sembilan bulan kejadian tersebut berlalu, akhirnya gedung lokasi insiden tersebut telah dirobohkan.

Dilansir dari Soranews dan Crunchyroll, Rabu (29/4), NHK melaporkan bahwa tepat pada tanggal 28 April 2020, lokasi gedung yang berlokasi di Fushimi Wards, Kyoto ini akhirnya telah rata dengan tanah dan tembok tinggi juga tampak membentang di sepanjang area bekas bangunan dari Kyoto Animation ini.

Pasca insiden pembakaran yang terjadi pada 18 Juli 2019, proses pembongkaran konstruksi gedung telah dimulai pada 25 November 2019 dan selesai lima bulan kemudian. Dari 70 karyawan yang tengah bekerja saat itu, sebanyak 36 orang tewas dan 33 orang luka-luka akibat pembakaran ini. Korban tewas tersebut meliputi Yasuhiro Takemoto yang pernah menjadi director The Disappearance of Haruhi Suzumiya, animator sekaligus mentor Yoshiji Kigami selaku kepala direktor animasi untuk seri Free! Futoshi Nishiya, Shouko Ikeda sebagai desain karakter Hibike! Euphonium, dan masih banyak lagi orang-orang terpenting yang meregang nyawa dalam insiden ini.

Dan yang menjadi pertanyaan sekarang adalah “apakah langkah selanjutnya untuk lahan kosong tersebut ?”, salah satu ide dari pihak keluarga korban adalah dengan membangun taman memorial untuk mengenang jasa-jasa orang yang telah bekerja keras di lokasi tersebut. Terutama mengingat bahwa lokasi tempat tersebut sangat strategis, yang dimana berada di tengah kota. Dan dengan didukung oleh persetujuan oleh masyarakat setempat dan presiden direktur Kyoto Animation akhirnya proyek taman ini disetujui.

Selain itu, melalui cuitan terbarunya pihak Kyoto Animation juga mengumumkan pre-order untuk merchandise proyek film terbaru Violet Evergarden yang dimulai pada tanggal 1 Mei. Untuk informasi lebih lanjut bisa dilihat di sini. Berikut adalah trailer untuk film Violet Evergarden tersebut.

MedForSquad juga telah membuat seputar kronologi pembakaran ini yang dapat dicek disini. Sedangkan untuk informasi tentang korban insiden ini dapat dicek disini.

Tag

Yoan Fernanda

Seorang penggemar Pop Culture, baik Western, Korea, maupun Jepang. Dan seorang Petrolhead, fans berat Subaru #FL4TISJUSTICE

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.