Seiyuu Veteran Kumiko Okae Wafat

Kabar duka datang dari entertainment Jepang. Seiyuu dan aktris Kumiko Okae meninggal dunia di usia 63 tahun pada hari Kamis (23/4) karena pneumonia yang diakibatkan penyakit Virus Corona baru (COVID-19).

Dilansir dari Anime News Network, Okae telah menjalani terapi radiasi (radioterapi) dari Januari hingga Februari 2020 setelah didiagnosis menderita kanker payudara akhir tahun lalu.

Kemudian, Okae diduga mulai mengalami demam parah pada 3 April, dan dilarikan ke rumah sakit pada 6 April setelah penyakitnya memburuk. Dia didiagnosis dokter bahwa dirinya positif mengidap penyakit COVID-19. Sistem kekebalan yang melemah dianggap turut andil sebagai penyebab penyakitnya semakin parah.

“Kami hanya minta maaf dan tidak bisa dipercaya, aku frustrasi dan menyesal dan aku tidak bisa memikirkan hal lain. Aku ingin kamu mengirimku dengan lembut,” ujar sang suami dan putri dari Okae sebagaimana dikutip dari Natalie.

“Selain itu, kami ingin menyampaikan terima kasih yang tulus kepada semua staf medis untuk semua upaya mereka dalam merawat beliau. Terima kasih. Bagi semua orang, kami hanya bisa berpesan bahwa Virus Corona sangat menakutkan. Tolong berhati-hatilah,” lanjut keduanya.

Pemakaman mendiang belum diputuskan kapan akan digelar. Namun, “Pesta perpisahan” akan diadakan di kemudian hari.

Profil singkat

Okae memulai debutnya dalam acara TBS Omitsu pada tahun 1975. Sejak saat itu, dia telah membintangi banyak seri live action, termasuk Ten Made Todoke. Dia juga ikut menyelenggarakan program Hanamaru Market yang sudah berjalan lama.

Dalam anime, ia memerankan Elina di film The Dog of Flanders 1997, ibu Haru di The Cat Returns karya Studio Ghibli, dan Jenny di film Pokémon: Lucario and the Mystery of Mew. Dia juga bermain Ryouko Ayuhara di serial live action berjudul Attack No. 1 2005.

MedForSquad mengucapkan turut berduka cita dan berbela sungkawa atas meninggalnya Kumiko Okae.

Sumber gambar: Staff-up Group