Startup Layanan Kasir Digital Moka Resmi Diakuisisi Gojek

Teknologi 1 Mei 2020

Setelah rumor yang beredar kencang beberapa waktu lalu, perusahaan teknologi penyedia layanan aplikasi sistem kasir digital Moka akhirnya resmi diakuisisi oleh Gojek.

Dilansir dari Antara News dan Kompas Tekno, Kamis (30/4), nilai akuisisi Gojek terhadap Moka tidak diumumkan. Akuisisi ini membuat Gojek dan Moka mampu menggabungkan layanan untuk memberikan solusi yang terintegrasi bagi mitra usaha, mulai dari pembayaran, pengantaran makanan, hingga sistem Point Of Sale (POS), sehingga mendukung pertumbuhan dan digitalisasi UMKM di Indonesia secara online.

Pasca akusisi, Moka akan terus beroperasi sebagai entitas mandiri yang terintegrasi dengan ekosistem merchant Gojek. Ekosistem tersebut terdiri dari GoBiz, Super App yang menaungi GoFood dan GoPay.

Andre Soelistyo, Co-CEO Gojek mengatakan pihaknya berupaya membantu lebih banyak bisnis offline menuju bisnis online untuk ikut mengembangkan ekonomi digital.

“Di saat dampak COVID-19 semakin terasa, kita melihat bahwa bisnis-bisnis online memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingkan bisnis offline yang sangat tergantung kepada kedatangan fisik konsumen,” ujar Co-CEO Gojek Andre Soelistyo.

“Kami selalu berupaya untuk membantu lebih banyak bisnis offline menuju bisnis online untuk ikut mengembangkan ekonomi digital dan bekerja dengan Moka dan jaringan pelaku usahanya akan membantu kami untuk mempercepat terwujudnya misi ini,” lanjutnya.

Mempercepat migrasi online

Penggabungan kedua layanan tersebut diharapkan dapat membantu lebih banyak usaha kecil melakukan migrasi ke sistem online dan memperkecil jarak antara platform offline dan online.

Tak hanya itu, akuisisi diprediksi mempercepat pertumbuhan jaringan pelaku usaha Moka dengan menyediakan akses terhadap ratusan juta pengguna Gojek di seluruh Indonesia.

“Integrasi ini akan membuka akses jaringan para pelaku usaha kepada ratusan juta pengguna platform Gojek dan mendapatkan transaksi langsung dari layanan seperti GoFood,” kata CEO dan Co-Founder Moka, Haryanto Tanjo.

“Berbagai layanan Gojek yang memberi solusi untuk pelaku usaha akan memudahkan para mitra pelaku usaha kami untuk menjalankan bisnis dengan sukses, baik secara online maupun offline- sebuah strategi krusial untuk usaha kecil tetap bertahan di tengah keadaan pandemi seperti sekarang ini,” tambah beliau.

Memiliki banyak mitra bisnis

Hingga saat ini, Moka mengklaim memiliki 40.000 mitra pebisnis di 200 kota di Indonesia. Sedangkan Gojek via layanan GoBiz, Super App bagi para pemilik usaha, telah digunakan oleh jaringan beranggotakan lebih dari 500.000 mitra merchant di Indonesia, di mana 96 persennya adalah UMKM.

Tag

Rizuki

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.