Usir Bosan di Rumah, Yuk Rakit Papercraft!

Kreasi Apr 18, 2020

Selama masa “lockdown” (atau PSBB) saat ini, mungkin beberapa dari MedForians sudah jenuh dan bosan di rumah saat menjalankan Work From Home, maupun Study From Home. Namun, kebosanan tersebut dapat kalian kurangi dengan banyak cara, salah satunya dengan merakit papercraft.

Tapi, apa sih papercraft itu?

Papercraft adalah seni melipat, menggunting, dan mengelem kertas, sehingga menghasilkan bentuk yang diinginkan, berdasarkan pola dan rancangan yang telah dibuat. Tapi, apa bedanya sama origami? Origami juga merupakan seni melipat dan menggunting kertas, namun biasanya jumlah kertas yang digunakan dalam origami hanya 1 lembar. Berbeda dengan origami, papercraft menggunakan banyak kertas dan ditambahkan dengan teknik menggunting dan pengeleman, sehingga potongan-potongan tersebut dapat dibentuk menjadi bentuk tiga dimesi.

Sejarah singkat papercraft

Papercraft sendiri mulai muncul sekitar tahun 1940-an saat terjadi Perang Dunia II, bentuk modelnya pun tidak jauh dari alat-alat perang seperti tank, kapal, dan pesawat tempur. Lambat laun, papercraft  mulai menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Papercraft mulai masuk ke Indonesia sekitar tahun 1990-an. pada awal masuknya, pola papercraft diberikan sebagai bonus dengan lembar eksklusif pada majalah Angkasa, Bobo, dan majalah lainnya. Desain papercraft di Indonesia pun mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Tidak terbatas pada model kendaraan saja, tapi mulai merambah juga ke bentuk makhluk hidup, tokoh fiksi dalam komik, kartun, dan film.

Alat dan bahan apa aja yang harus disiapkan?

Untuk yang baru memulai merakit papercraft, alat yang harus disiapkan adalah :

  • Gunting
  • Lem
  • Cutter
  • Penggaris

Tetapi, ada beberapa alat tambahan yang bersifat opsional, yaitu :

  • Pinset
  • Scriber (pembuat potongan garis)
  • Compass cutter (untuk memotong bagian berbentuk lingkaran)
  • dsb

Tempat download papercraft dimana ya?

Buat kalian yang baru pertama kali merakit papercraft, diusahakan mencari model yang sesuai dengan keinginan kalian dan yang bersifat gratis, berikut sejumlah website yang menyediakan pola papercraft secara gratis :

Buat yang sudah punya pengalaman merakit papercraft dan ingin mencoba pola yang berbayar, kalian juga bisa membeli pola papercraft melalui website dibawah ini:

Bonus, hasil papercraft rakitan penulis

Penulis sebenarnya sudah menggeluti hobi papercraft sejak SMP. Namun setahun lalu, penulis mulai aktif lagi merakit papercraft. Berikut ini adalah hasil rakitan yang sudah diunggah di akun Instagram penulis (@samid_27) :

Tag

Dimas Febrianto Pratama

Atlet PC Building Simulator Kompetitif Saya bukan VVIBU, jangan terpancing sama fotonya, saya nyomot di Google

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.