Yuk, Intip Keseruan Event JC’s Tanjousai ‘Sakura Matsuri’ 2020!

Pop Kultur Apr 07, 2020

Japan Corner Universitas Tanjungpura (UNTAN) telah mengadakan JC’s Tanjousai ‘Sakura Matsuri’ pada tanggal 14-15 Maret 2020 lalu. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun yang pertama dari Japan Corner UNTAN.

Berdasarkan rilis pers yang diterima MedForSquad, Minggu (5/4), acara yang berlangsung selama dua hari tersebut telah dihadiri sekitar 500 pengunjung pada hari pertama dan bertambah menjadi sekitar 700 pengunjung di hari kedua.

Jalannya Acara

Keramaian pengunjung sudah mulai terlihat sejak pukul 09.00 pagi setiap harinya. Hiruk pikuk antrian tampak menghiasi Gedung Konferensi Universitas Tanjungpura, para remaja pegiat Budaya Jepang, pelajar, bahkan orang tua pun juga terlihat berbaur di dalam keramaian tersebut.

Talkshow bersama Ziwa
Talkshow bersama Dr. Eng. Ferry Hadary, M. Eng.

Dalam acara kali ini, diadakan lomba menyanyi lagu J-Pop, cosplay, desain maskot, fotografi, story telling, dan seiyuu. Tak hanya itu, ada juga talkshow mengenai sejarah berdirinya komunitas-komunitas penikmat Kebudayaan Jepang di Pontianak oleh saudara Urai Ziwa Gian Zharif atau yang sering disapa Ziwa oleh rekan-rekannya, serta talkshow tentang kiat mendapatkan beasiswa ke Jepang oleh Dr. Eng. Ferry Hadary, M. Eng.

Pada acara tahun ini, panitia menyediakan Pohon Sakura Harapan, di mana pengunjung dipersilahkan untuk menuliskan harapan, keinginan, serta pesan dan kesannya.

Selain itu terdapat berbagai jenis stand yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman serta berbagai aksesoris menarik. Acara kali ini juga diisi oleh berbagai performer menarik, mulai dari idol group lokal, kelompok wotagei, cover dance, band, kabaret dan masih banyak lagi.

Rektor Universitas Tanjungpura yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Bapak Dr. Ir. Radian, MS menyampaikan bahwa kita harus bisa mengambil contoh positif dari Kebudayaan Jepang, seperti adab berbicara, kesopanan, ketepatan waktu, serta bekerja ikhlas sepenuh hati.

Selain itu, beliau menyampaikan bahwa dalam proses belajar suatu bahasa juga harus didampingi dengan kebudayaanya karena merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Beliau berharap dengan usia Japan Corner yang semakin matang ini, akan banyak kemajuan-kemajuan yang bersifat positif, khususnya bagi Universitas Tanjungpura ataupun Kalimantan Barat pada umumnya.

Ketua Japan Corner Universitas Tanjungpura, Dr. Eng. Ferry Hadary, M. Eng. berpesan agar generasi muda bisa memahami dan meniru berbagai budaya positif dari Jepang, seperti kerja keras, kejujuran, serta tanggung jawab. Dirinya juga berpesan agar lomba-lomba yang diadakan kali ini dapat dijadikan sebagai media untuk belajar dan memahami mengenai Budaya Jepang.

Tag

Vicio Rizky

Hanya seorang mahasiswa wibu yang menyukai game, manga, anime.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.