Data Pengguna Bocor, Tokopedia Akui Ada Upaya Pencurian

Teknologi 3 Mei 2020

Setelah Sabtu (2/5) malam kemarin sempat dihebohkan dengan kebocoran 15 juta data pengguna Tokopedia, akhirnya perusahaan raksasa e-Commerce tersebut memberikan konfirmasi secara cepat.

Dalam konfirmasinya, Tokopedia mengakui ada upaya peretasan data milik pengguna oleh sejumlah oknum.

“Berkaitan dengan isu yang beredar, kami menemukan adanya upaya pencurian data terhadap pengguna Tokopedia,” kata VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak melalui keterangan resmi yang sebagaimana dilansir dari Kompas Tekno, Minggu (3/5).

Meski membenarkan adanya kasus pencurian data, Tokopedia mengklaim bahwa informasi milik pengguna tetap aman dan terlindungi.

Nuraini mengatakan bahwa password milik pengguna sudah terlindungi dan dienkripsi.

Selain itu, Tokopedia juga menerapkan sistem kode OTP (one time password) yang hanya bisa diakses oleh pemilik akun secara real time. Meski demikian, Nuraini menghimbau agar pengguna tetap mengganti password akun secara berkala agar tetap aman.

Nuraini berusaha menenangkan para pengguna bahwa pihak Tokopedia sedang menindaklanjuti masalah ini.

“Saat ini, kami terus melakukan investigasi, dan belum ada informasi lebih lanjut yang bisa kami sampaikan,” pungkas Nuraini.

Sebelumnya, warganet dihebohkan oleh cuitan dari akun Twitter milik perusahaan cyber crime investigation bernama @underthebreach. Dalam cuitan itu mengungkap ada sekitar 15 juta data pengguna Tokopedia yang dibagikan di forum gelap oleh oknum tak dikenal. Data tersebut diperoleh sekitar bulan Maret lalu.

Data yang dikumpulkan termasuk nama pengguna, e-mail, dan hash password yang tersimpan di dalam sebuah file database PostgreSQL.

Selain hash password, nama, dan e-mail, data yang diambil juga mencakup tanggal lahir, kode aktivasi e-mail, kode reset password, detail lokasi, ID messenger, hobi, pendidikan, waktu pembuatan akun hingga waktu terakhir log in.

Tag

Visio

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.