Menu Tutup

Aib Dirut Baru Terkuak, Tagar #BoikotTVRI Menggema

Belum beberapa hari sejak pelantikan Dirut PAW TVRI telah dilaksanakan, polemik baru muncul di tubuh Dirut Imam Brotoseno. Bukan soal prestasi ataupun program baru yang siap tayang di kanal pemersatu bangsa ini, melainkan jejak digital sang orang nomor satu di stasiun tersebut.

Sebuah akun Twitter mengungkapkan “aib” dari Imam Brotoseno dari tahun 2010-2013.

Dalam salah satu cuitan itu seperti yang dikutip dari Suara.com, tertulis narasi, “Akhirnya kita menemukan bagaimana cara mempersatukan negeri. Ya dengan Bokep.”

Cuitan dari akun Twitter @imanbr, milik Iman Brotoseno ini kemudian dikomentari oleh beberapa tokoh. Seperti eks juru bicara Gus Dur, Adhie Massardi. Adhie pun mempertanyakan hal ini dan menyebut akun Twitter milik Helmy Yahya.

“NEW NORMALNEW TVRI semboyan TVRI dari masa ke masa: Menjalin Persatuan & Kesatuan (1962 – 2001). Makin Dekat di Hati (2001 – 2005). Saluran Pemersatu Bangsa (2012 – 2020). [menyatukan bangsa wuth bokep?]. Bro @helmyyahya kenapa jadi begini? Ada penjelasan?” cuit Adhie, Jumat (29/5).

Deputi Balitbang DPP Partai Demokrat, Syahrial Nasution juga ikut mengomentari cuitan lama Iman Brotoseno itu.

BACA JUGA :  Telkom Buka Blokir Netflix Di Minggu Pertama Juli Ini?

Melalui unggahannya, Syahrial menulis, “Pak gub Ganjar Pranowo akrab sama orang ini gak? Sekarang jadi dirut TVRI gantiin Helmy Yahya. Mungkin nanti program TVRI lebih hot ketimbang Liga Inggris.”

Sementara itu, aktivis queer feminis, Lini Zurlia juga menyoroti beberapa cuitan lama Iman Brotoseno. Bahkan Cuitan Lini pernah dibalas oleh Iman.

Saat itu, Lini mengunggah cuitan yang menyatakan dirinya tidak menggunakan hak pilihnya atau golput dalam pemilu 2019.

Iman sempat membalas beberapa cuitan Lini. Salah satunya dengan narasi seperti berikut.

“Reply yang menarik di mbak Golput. Mbak siapa kok ada centang biru sampai model rambut,” cuit @imanbr pada 31 Maret 2019.

Lini juga mengungkapkan cuitan lama Iman Brotoseno yang mengusulkan untuk melebur TVRI, RRI dan Antara.

“TVRI, RRI, Antara dilebur jadi satu saja. Biar efisien, efektif, lincah. Rekrut orang orang profesional. Maaf yang tuwir tuwir pensiun saja,” tulis @imanbr pada 24 Agustus 2016.

Unggahan-unggahan dari para tokoh dan warganet ini membuat kata “TVRI” mendadak masuk dalam daftar trending topikdi Twitter pada Jumat ini.

Hingga saat ini, lebih dari 12 ribu cuitan warganet terkait TVRI terpantau pada Jumat pagi.

Sumber: Twitter Trending Topic

Menjadi bagian Playboy

Tak hanya itu, selain cuitan kontroversial, Imam Brotoseno dikatahui pernah menjadi kontributor di majalah Playboy. Banyak warganet yang mempermasalahkan, salah satunya Wakil Ketua MPR yang juga politikus PKS Hidayat Nur Wahid.

BACA JUGA :  Segway, Kendaraan Roda Dua yang Dulu Hits Kini Diberhentikan Produksinya

Sebagaimana dikutip dari Kumparan, Hidayat mengkritik Dewan Pengawas Televisi Republik Indonesia (Dewas TVRI) yang tidak melihat dan mempertimbangkan aturan Perundangan terkait etika kehidupan berbangsa dan bernegara, seperti TAP MPR No VI/2001.

Hidayat menyebut semestinya Dewas TVRI mempertimbangkan rekam jejak saat memilih atau mengangkat Dirut TVRI Iman Brotoseno, karena yang bersangkutan pernah menjadi kontributor majalah dewasa Playboy Indonesia.

Untuk diketahui, Iman Brotoseno dilantik sebagai Dirut LPP TVRI yang baru pada hari ini, Rabu (27/5/2020). Pengangkatan Iman Brotoseno menjadi Dirut TVRI berdasarkan keputusan Dewan Pengawas LPP TVRI.

Ia menggantikan Helmy Yahya yang dipecat melalui surat keputusan pada 16 Januari 2020 lalu dan sempat berseteru dengan Dewan Pengawas TVRI. Pelantikan Iman Brotoseno menjadi Dirut TVRI dikabarkan melalui akun Twitter TVRI, pada Rabu (27/5).

Sumber gambar thumbnail: Dokumentasi Dewas TVRI via Kumparan

Kembali ke Atas

BACA JUGA

×