Apakah Akun Tokopedia Milikmu Aman? Ini Cara Mengetahuinya

Teknologi Mei 05, 2020

Baru-baru ini banyak sekali akun Tokopedia yang terdampak oleh kebocoran data besar ini.

Kabarnya, lebih dari 15 juta data pengguna seperti email, kata sandi, dan metode pembayaran bocor di darkweb. Lebih parahnya, diperkirakan data yang dibocorkan oleh peretas bisa lebih banyak dari yang sudah diketahui hingga saat ini.

Apa dampaknya untuk pengguna biasa sepertimu? Jika datamu adalah salah satu yang bocor, maka keamanan akunmu sudah menjadi taruhan.

Apalagi jika kamu menggunakan email dan kata sandi yang sama untuk seluruh akun milikmu, peretas dapat mencoba meretas seluruh akun milikmu jika mereka memiliki datamu. Metode pembayaran yang terhubung di akun Tokopedia milikmu juga beresiko jadi sasaran empuk peretas.

Segera Cek!

Jika kamu merasa khawatir apakah akun Tokopediamu (dan semua akun lainnya yang menggunakan email yang sama) aman dari serangan kebocoran data, Media Formasi memiliki solusi tercepat untuk mengetahuinya.

Kalian dapat menggunakan situs haveibeenpwned.com untuk memeriksa keamanan akunmu hanya dengan memasukkan alamat surel milikmu.

Tampilan situs HaveIBeenPwned
Tampilan situs HaveIBeenPwned

Situs tersebut kemudian akan memeriksa apakah akun-akun yang menggunakan alamat surel milikmu aman dari resiko kebocoran data di Internet hanya dalam satu klik. Kasus kebocoran data Tokopedia juga sudah terindeks dalam situs Have I Been Pwned, sehingga kamu bisa memeriksanya.

Jika data kamu teranalisa dalam kasus kebocoran data Tokopedia oleh situs ini, ada baiknya kamu segera mengganti kata sandi Tokopedia dan seluruh akun milikmu yang menggunakan password dan email yang sama dengan Tokopedia.

Amankan Akun Segera!

Menggunakan layanan autentikasi dua faktor seperti Google Authenticator dan Authy juga salah satu langkah yang tepat untuk memberi lapisan keamanan ekstra.

Aplikasi tersebut akan terhubung dengan akun kalian yang nantinya memberikan kode-kode one-time mirip 2FA. Bedanya, kode tersebut akan tersedia pada aplikasi, bukan dikirim melalui SMS. Aplikasi tersebut akan melekat pada satu perangkat saja, jadi lebih aman.

Kamu juga dapat mengganti password kamu dengan yang lebih kuat dari sebelumnya. Walau sempat diberitakan sebelumnya bahwa password tersebut masih dalam kondisi hashed, tetap saja agar jaga-jaga ganti semua password yang berhubungan dengan Tokopedia, apalagi jika kamu menggunakan password yang sama di banyak akun.

Guide yang paling umum akan mengatakan gunakan password minimal 8 karakter. Karakter tesebut juga sebaiknya dicampur dengan angka dan simbol agar semakin susah ditebak. Hal ini juga akan jauh memperlama proses crack seperti serangan brute-force dan dictionary.

Jika tidak ingin memakai simbol yang ribet, kamu bisa membuat password yang panjang. Password, atau lebih tepatnya passphrase, merupakan kata sandi yang lebih panjang, bisa sampai 1 kalimat.

Passphrase juga aman karena pada saat serangan brute-force, semua akan dimulai dari 1 karakter, lalu bertambah dengan berbaagai kombinasi. Dengan memiliki banyak karakter pada kata sandi, prosesnya akan menjadi sangat lama.

Serangan dictionary juga akan sulit melawan passphrase karena bisa saja kombinasi kata-katanya sulit ditebak dan tidak umum.

Kamu juga bisa menggunakan password manager seperti LastPass untuk menyimpan kata sandi jika kamu susah mengingatnya.

Apapun itu, yang terpenting segera amankan akun, karena dunia digital ini adalah dunia kedua kita semua.

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.