Apple Akuisisi Startup Pembuat Konten VR, NextVR

Teknologi Mei 16, 2020

Setelah rumor yang beredar cukup kencang terkait rencana mengembangkan teknologi Virtual Reality, agaknya Apple mulai mewujudkan impiannya perlahan-lahan.

Hal ini diketahui usai Apple telah mengonfirmasi bahwa mereka telah melakukan akuisisi sebuah perusahaan pembuat teknologi dan konten virtual reality, NextVR.

Hal ini diketahui dari laporan CNBC, Jumat (15/5). Pembelian tersebut merupakan bukti lebih lanjut dari rencana Apple untuk memasuki virtual reality dan teknologi augmented reality terkait sebagai kategori produk baru.

Meskipun demikian, Apple belum mengumumkan rencana atau produk perangkat keras baru, selain dari perangkat lunak AR untuk iPhone.

Seorang juru bicara dari Apple memberikan pernyataan terkait perusahaan ketika melakukan akuisisi.

“Apple membeli perusahaan teknologi yang lebih kecil dari waktu ke waktu, dan kami biasanya tidak membahas tujuan atau rencana kami,” kata juru bicara tersebut.

Apple tidak menentukan harga atau ketentuan untuk transaksi akuisisi itu. Tetapi 9to5Mac, situs web yang berfokus pada Apple yang pertama kali menyampaikan berita, memperkirakan transaksi bernilai $ US 100 juta.

Sementara itu, situs web NextVR telah digantikan oleh sebuah halaman bertuliskan sebagai berikut:

“NextVR Menuju Arah Baru. Terima kasih kepada mitra dan penggemar kami di seluruh dunia untuk peran yang kalian mainkan dalam membangun platform yang luar biasa ini untuk pengalaman olahraga, musik, dan hiburan di Virtual Reality. “

NextVR sendiri diketahui merupakan startup asal Newport Beach, California yang sebelumnya berfokus pada broadcasting dan memproduksi acara live ataupun rekaman dalam virtual reality, seperti konser dan event olahraga. Perusahaan itu diketahui memiliki kesepakatan dengan NBA untuk menyiarkan highlight virtual reality dari Final NBA 2019.

NextVR telah mengumpulkan pendanaan $US 116 juta dan memiliki 95 karyawan hingga 2019, menurut data PitchBook. Perusahaan yang telah berdiri sejak 2009 silam itu memiliki banyak investor yang berafiliasi dengan industri hiburan, termasuk pemilik Golden State Warriors bernama Peter Guber, Comcast Ventures, dan Time Warner Investments.

Tag

Vicio Rizky

Hanya seorang mahasiswa wibu yang menyukai game, manga, anime.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.