B550, Chipset Motherboard Terbaru AMD Untuk Socket AM4 Siap Diluncurkan Bulan Depan!

Teknologi Mei 25, 2020

AMD baru-baru ini mengumumkan akan merilis chipset terbaru mereka untuk Motherboard generasi baru, yang diberi nama B550.

Motherboard dengan chipset ini direncanakan akan diluncurkan dengan harga mulai dari 1,5 jutaan untuk versi yang paling murah. Oleh karena itu, AMD mengharapkan kepada para vendor Motherboard untuk merilis Motherboard dengan chipset ini secara serentak pada tanggal 16 Juni mendatang.

Kabarnya, chipset ini membawa beberapa fitur yang sebelumnya ada pada chipset X570 yang harganya jauh diatas seri B550.

Performa chipset B550

Peningkatan chipset B550 dari pendahulunya adalah dukungan hingga dua port USB 3.1 gen2, dual GPU, dan bandwidth dari jalur PCIe yang lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Sementara chipset X570 yang diluncurkan tahun lalu memang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan B550, termasuk peningkatan bandwidth yang lebih cepat.

Sebelumnya, AMD menyatakan bahwa kemungkinan processor terbaru dari mereka yang menggunakan arsitektur Zen3, bisa digunakan pada chipset 400 Series.

Namun AMD mengklaim hal tersebut menyebabkan hasil yang kurang maksimal. Untuk itu AMD merencanakan membuat update BIOS Beta, yang memungkinkan pengguna yang memiliki Motherboard dengan chipset B450 dan X470 bisa menjalankan processor Ryzen terbaru tanpa harus mengupgrade motherboard.

Bagi pengguna yang sudah memiliki Motherboard dengan chipset 500 series, mereka bisa menikmati processor Ryzen terbaru dan PCle 4.0 tanpa kendala.

Beberapa varian AMD B550

Seperti biasanya, dengan motherboard chipset baru, masing-masing vendor menawarkan beberapa model motherboard B550 dengan fitur yang berbeda dengan rentang harga yang berbeda juga.

Asus mengumumkan telah membuat sebelas Motherboard B550 yang terdaftar di situs webnya saat ini. Meliputi varian ROG, TUF, dan Prime, mereka menyematkan slot PCIe 4.0 M.2 dan 16x, WiFi 6 (pada varian ROG), Ethernet 2.5Gbps, dan USB 3.2 Gen 2 Type-C, dan fitur-fitur lainnya.

Gigabyte / Aorus mengeluarkan 6 Motherboard yang terdaftar di situs mereka. Beberapa fitur dari Motherboard ini, yaitu memiliki 16 Phrase power management , pre-installed I/O Shield, dan pengendali thermal yang canggih.

MSI membuat sepuluh Motherboard B550 yang terdaftar di situs webnya yang mencakup seri MPG, MAG, dan PRO. Ini membanggakan desain daya VRM “agresif” (hingga 21 + 2 + 1), pelindung komponen, dan sistem aRGB.

ASRock mengeluarkan pilihan 12 Motherboard. Termasuk B550 Taichi sebagai flagship high-end, yang menampilkan desain VRM 16 Phrase dan dukungan untuk kecepatan memori hingga 4.733 MHz.

Biostar juga merilis B550GTA yang berukuran ATX dan B550GTQ yang berukuran mATX. Keduanya adalah bagian dari seri Racing.

Sumber : Techspot.com

Tag

Dimas Febrianto Pratama

Atlet PC Building Simulator Kompetitif Saya bukan VVIBU, jangan terpancing sama fotonya, saya nyomot di Google

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.