Bikin Kolaborasi Musik Kini Makin Mudah dengan Aplikasi Collab!

Teknologi Mei 30, 2020

Facebook kembali meluncurkan aplikasi terbaru miliknya. Setelah beberapa hari yang lalu mereka meluncurkan aplikasi panggilan suara yaitu CatchUp, kini mereka meluncurkan sebuah aplikasi yang membuat penggunanya bisa membuat musik secara kolaborasi. Aplikasi tersebut bernama Collab.

Collab merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh tim New Product Experiment milik Facebook. Penggunanya bisa membuat, menonton, dan bahkan mengedit video dan musik.

Fungsi utama aplikasi ini adalah agar penggunanya bisa membuat suatu video pendek yang dapat dipecah menjadi tiga bagian.

Jadi, pengguna bisa menyanyikan lagu dengan memainkan beberapa instrumen musik yang berbeda dan nantinya bisa digabung menjadi satu video.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa melakukan kolaborasi dengan dua orang lainnya yang nantinya masing masing orang mendapat satu bagian dalam video tersebut.

Dikutip dari The Verge melalui Detik.com, Jumat (28/5), aplikasi Collab ini disebut-sebut mirip dengan aplikasi TikTok. Mengapa seperti itu?

Karena untuk menggunakan fitur kolaborasi, pengguna harus mengupload video mereka kedalam feed secara publik. Nantinya pengguna lain dapat mengambil video tersebut dan menggunakannya untuk membuat video mereka sendiri.

Untuk saat ini, Collab hanya tersedia dalam versi invite-only beta untuk iOS dan baru pengguna di Amerika Serikat dan Kanada yang bisa mendaftar. 

Facebook sendiri akan mempercepat peluncuran Collab untuk memberikan platform bagi pengguna untuk menyalurkan kreatifitasnya di tengah pandemi Covid-19.

“Ruang digital bisa menghubungkan kita ketika kira tidak bisa berkumpul secara langsung, dan Collab adalah cara baru untuk berkreasi bersama,” kata juru bicara Facebook kepada The Verge.

Tag

Dimas Febrianto Pratama

Atlet PC Building Simulator Kompetitif Saya bukan VVIBU, jangan terpancing sama fotonya, saya nyomot di Google

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.