Facebook Luncurkan Aplikasi Panggilan Suara, CatchUp

Teknologi 29 Mei 2020

Pada masa pandemi Covid-19 saat ini, banyak cara yang dilakukan masyarakat untuk tetap terhubung satu sama lain.

Berbagai cara dilakukan mulai dari berkirim surat elektronik melalui SMS dan aplikasi chatting, melakukan panggilan suara, hingga melakukan video call maupun teleconference.

Selagi dalam masa-masa seperti ini, para aplikator media sosial nampaknya tidak tinggal diam dan berusaha mengembangkan potensi media sosial milik mereka.

Baru-baru ini, Facebook merilis sebuah layanan panggilan suara baru yang bernama CatchUp.

Tujuannya tak lain adalah membantu orang-orang untuk saling terhubung satu sama lain selama masa pandemi Covid-19 ini.

Aplikasi CatchUp dikembangkan oleh tim NPE Facebook. Kabarnya, aplikasi ini menawarkan sejumlah fitur unik agar penggunanya mudah untuk berkomunikasi.

Panggilan suara dalam CatchUp ini dapat dilakukan secara 1 on 1, atau juga dapat melakukan panggilan secara grup dengan jumlah peserta hingga 8 orang.

Sistem kontak yang diterapkan dalam aplikasi ini menggunakan kontak yang ada di ponsel pengguna.

Jadi, pengguna dapat melakukan panggilan suara kepada orang yang dituju, meskipun orang tersebut tidak memiliki akun Facebook.

Secara sekilas dua fitur di atas hampir sama persis dengan aplikasi yang sudah diakuisisi oleh Facebook sebelumnya, yaitu WhatsApp.

Aplikasi CatchUp ini kemungkinan besar merupakan aplikasi yang memiliki setengah nyawa dari WhatsApp, karena pengguna hanya dapat melakukan panggilan suara saja.

Untuk saat ini, aplikasi CatchUp hanya bisa dipakai di Amerika Serikat dengan akses terbatas.

Namun, kalian dapat berasumsi bahwa nantinya jika sudah siap, aplikasi ini akan diluncurkan secara global di iOS dan Android.

Sumber : Detik.com

Tag

Dimas Febrianto Pratama

Tech Enthusiast, Kuli Jawa