Hanya Dalam 4 Hari, Live Streaming Air Comiket Raih Lebih dari 400 Ribu Views

Pop Kultur 13 Mei 2020

Livestream online Air Comiket yang menggantikan acara Comiket 98 berhasil mengumpulkan total 443.357 views selama empat hari. Hal ini dilansir oleh akun Twitter resmi Comiket sendiri.

Tag Air Comiket juga menginspirasi sekitar 68.000 cuitan unik, diposting atau di-retweet oleh 283.494 pengguna. Data juga termasuk keterlibatan Twitter dari 12 April, hari saat acara Air Comiket diumumkan.

Dilansir dari Anime News Network, acara ini adalah bagian dari inisiatif yang lebih luas yang disebut “Ganbarō Dōjin!” (Lakukan yang Terbaik, Doujin !). Inisiatif ini memberi sinyal untuk meningkatkan pencipta dojin yang tercantum dalam katalog asli Comiket 98. Buku-buku fisik dicetak dan dijual melalui situs web e-commerce, yang disorot di sesi live streaming.

Acara Comiket 97 sebelumnya, yang diadakan pada 28-31 Desember, menarik 750.000 orang selama empat hari, memecahkan rekor musim dingin dan catatan kehadiran sepanjang masa. Sampai Comiket 96, acara dua tahunan diadakan selama tiga hari, bukan empat.

Hajime Okada, yang telah bekerja di bisnis percetakan selama hampir 30 tahun, mengatakan kepada NHK bahwa acara “Air Comiket ” telah menjadi anugerah bagi mata pencaharian mereka yang sedang berjuang.

“Pencetakan itu sendiri telah menurun. Ketika Comiket dibatalkan, kami putus asa, karena itu tidak mungkin terjadi pada waktu yang lebih buruk … Meskipun peristiwa itu tidak terjadi, saya bersyukur bahwa ada gerakan untuk mencetak buku. Tentu saja, itu tidak bisa dibandingkan dengan acara dalam kehidupan nyata, tetapi orderan telah datang setiap hari tanpa gagal. “

Perwakilan Komite Comic Market, Yoshiyuki Fudetani dan Kōichi Ichikawa mengatakan bahwa mereka sangat berterima kasih atas dukungan yang telah mereka terima, dan menggambarkan acara Air Comiket sebagai isyarat tekad untuk terus bergerak maju tanpa melihat ke bawah.

Dalam siaran langsung Nico-Nico sebelumnya pada 12 April, Ichikawa menekankan bahwa membeli katalog akan mendukung keberadaan acara di masa depan, dan bahwa Comiket 99 akan secara langsung dipengaruhi oleh penjualan. 

Katalog tersebut secara singkat menjadi buku terlaris di Amazon Jepang setelah pengumuman pembatalan acara pada 27 Maret. Toranoana dan Melon Books ditawarkan ilustrasi bonus yang diambil oleh seniman dojinshi dan barang-barang lainnya bagi mereka yang membeli atau memesan di katalog melalui toko mereka.

Sempat batal karena pandemi Covid-19

Acara fisik Comic Market 98 awalnya dijadwalkan berlangsung di Tokyo Big Sight, sampai kemudian dibatalkan untuk membantu mencegah penyebaran penyakit Virus Corona baru (COVID-19).

Komite mencatat bahwa mereka tidak dapat mengkonfirmasi apakah tempat Tokyo Big Sight akan tersedia Desember ini, atau pada bulan Juli dan Agustus 2021, karena Olimpiade Tokyo telah ditunda sejak musim panas ini. “Rencana untuk Comic Market 99 (Musim Dingin 2020) akan diumumkan secara terpisah, begitu jadwal dan tempat telah dikonfirmasi.”

Tag

Wahyu Soetisna

Just a person who loves to write somethings