Pemerintah Jepang Perbolehkan Penggunaan Cyborg dan Robot di Masa Depan

Teknologi Mei 15, 2020

Kabar terhangat hadir dari Jepang. Kabinet pemerintahan di negara Asia yang kaya dengan berbagai inovasi teknologi, terutama robot dan Cyborg ini ternyata sudah mengumumkan inisiatif mereka untuk masyarakat masa depan.

Di bawah naungan Moonshot Research & Development Program, program ini memiliki arahan utama untuk menciptakan masyarakat yang membebaskan orang dari kendala fisik, mental, temporal, dan spasial pada tahun 2050.

Dilansir dari Soranews24, Kamis (14/5), pemerintahaan Jepang memperbolehkan orang-orang di Jepang menggunakan avatar robot pada 2030. Dikombinasikan dengan AI, biotech, dan kecepatan internet yang tinggi, seseorang dapat mengentrol sekitar 10 robot dalam sekali untuk melakukan suatu pekerjaan. Hal ini juga menjadikan pilot dari robot tersebut lebih bersantai dikarenakan bot tersebut dapat melakukan beberapa kegiatan secara langsung.



Sebagai contoh, ketika MedForians bangun tidur dan akan melihat apa aja yang ingin dikerjakan pada hari itu juga seperti memancing ikan yang banyak. MedForians bisa saja mengambil beberapa avatar robot untuk mengerjakan pekerjaan tersebut. Robot tersebut bisa saja memancing selama 24 jam sehari non-stop.

Angkatan kerja robot yang meningkat secara eksponensial ini kemudian akan meletakkan dasar bagi apa yang mereka sebut “Masyarakat 5.0” pada tahun 2050, di mana orang akan memiliki akses ke ribuan avatar yang dapat mereka gunakan untuk bekerja bersama dan menciptakan lebih banyak keajaiban teknologi untuk meningkatkan kemampuan hidup mereka.

Program ini tentu saja ambisius, tetapi mereka tidak menyebutnya “moonshot” tanpa alasan apa pun, dan Jepang merasa posisinya sebagai negara dengan populasi yang semakin cepat menua dan semakin berkurang, menjadikannya lingkungan yang sempurna untuk gangguan sosial yang terjadi pertama kali di dunia.

Jadi, mungkin Society 5.0 tidak dibuat-buat seperti yang terlihat. Sama seperti moonshot yang asli, itu hanya soal berani dan cukup optimis untuk mewujudkannya.

Prospek program yang menjadikan hidup layaknya game Animal Crossing besar menarik minat banyak warganet, sementara yang lain kurang percaya bahwa pemerintah Jepang bisa melakukan revolusi semacam itu.

“Keren, kita akan seperti Ghost in the Shell.”
“Ini seperti ‘otak nyata dalam situasi virtual.”
“Ini akan menjadi kehidupan di VR.”
“Itu membuat telework menjadi ekstrem.”
“Aku ingin tahu apakah kita juga akan berhenti menggunakan mesin faks.”
“Ya, mereka juga menjanjikan bakal menerbangkan mobil, jadi aku tidak akan kaget ketika ini tidak terjadi.”
“Kami bahkan belum bisa menjalankan mobil tanpa pengemudi. Teknologi itu sudah ada selama bertahun-tahun! “
“Bebas dari ruang, waktu, tubuh, dan pikiran? Kedengarannya kita semua akan mati pada tahun 2050.”
“Jadi pemerintah ingin kita hidup di Matrix?”

Sumber gambar thumbnail: anime Planetarian (OVA)

Sumber gambar: Cabinet Office

Tag

Vicio Rizky

Hanya seorang mahasiswa wibu yang menyukai game, manga, anime.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.