[Review] Wajib Main! Blade&Soul Revolution, MMORPG dengan Nuansa Korea

Gaming 20 Mei 2020

Media Formasi – Blade&Soul Revolution, dari namanya mungkin akan terbayang fantasi, namun bukan yang biasanya lho. Game terbaru dari Netmarble ini mengadaptasi budaya Korea dalam gameplay nya. Seperti apakah adaptasinya? Ceritanya seperti apa ya?

Tenang saja, kini #MedForSquad akan memberikan beberapa alasan mengapa kalian harus cobain main Blade&Soul Revolution

Apa Itu Blade&Soul Revolution?

Blade&Soul Revolution adalah game berjenis MMORPG yang dikembangkan oleh Netmarble. Pertama kali rilis di Korea Selatan dengan nama Blade&Soul, kini sudah meluncur versi globalnya yang bisa dimainkan mulai dari 14 Mei 2020.

Aslinya berbasis PC, namun versi Revolution merupakan adaptasi ke perangkat mobile. Game ini sempat meraih peringkat 1 urutan download Google Play di Korea Selatan dan Jepang.

MMORPG dengan Dunia Luas!

Kalian sudah tahu kan MMORPG? Massively multiplayer online role-playing game, salah satu jenis game yang populer ini biasanya menjadi topik utama di anime-anime Jepang. Salah satu contohnya adalah Sword Art Online dan Log Horizon.

Kalau untuk gamenya, ya ada banyak kok, seperti Phantasy Star Online 2, Dragon Nest, dan tentunya Blade&Soul.

Para penggemar dan pemain dapat merasakan grafik berkualitas tinggi dari Unreal Engine 4 yang menampilkan aksi memukau dalam game ini.

Selain menawarkan visual 3D berkualitas tinggi, pemain juga bisa menikmati konten Faction War skala besar secara real-time dan aksi seni bela diri yang memukau. Selain itu, ada juga konten Dungeon penuh strategi dan fitur sosial yang aktif layaknya komunitas yang sebenarnya.

Dungeon ini dapat kamu masuki bersama orang lain. Kamu hanya perlu invite dan dapat menentukkan kekuatan teman kamu minimal berapa. Setelah itu langsung saja eksplorasi dungeon dan dapatkan lootnya.

Tidak hanya itu saja, disini juga terdapat berbagai macam event menarik. Nah kalau ingin tahu event nya apa saja, langsung mainin aja. Banyak reward menanti!

Selain Global, Ada Server Indonesia!

Server global memang mengasyikkan, tapi lebih seru lagi kalau bisa bertemu teman sesama. Maka dari itu, game ini menyediakan beberapa server lokal, seperti Thailand dan Indonesia.

Saat ini terdapat 3 server berbahasa Indonesia yang dapat kamu mainkan. Mungkin saja kalau semakin ramai dan antusias, servernya akan ditambahkan lagi.

Dengan antarmuka yang tidak dibatasi berbahasa Inggris dan server lokal, kamu bisa bermain tanpa perlu kesulitan.

Ohya, tadi sudah bilang ada microtransaction kan ya? Nah kalau gamau keluar banyak duit, coba deh ada promo menarik. Kalau kamu top up pakai GoPay, kamu bisa dapat cashback hingga 70%! Coba cek link di bawah ini ya.

Baca juga: Netmarble dan Gopay Hadirkan Promo Menarik untuk Game Blade&Soul Revolution.

Mau Bentuk Komunitas? Masuk Clan Aja!

Main sendirian sih asik, tapi bakal lebih seru kalau sama teman, bukan? Tenang saja, selain bisa menambah teman di game ini, kamu juga bisa masuk komunitas yaitu “Clan”.

Pada Clan ini, cara kerjanya ibaratkan circle kamu, yang bisa saling ngobrol dan juga memiliki rewardnya tersendiri.

Pada saat baru main, kamu akan masuk “Training Clan”. Anggap saja ini clan khusus untuk yang masih beradaptasi di game ini. Selanjutnya, kamu bisa masuk clan lain lalu bertemu karakter-karakter yang kuat di server kamu.

Selain masuk clan, seperti disebutkan sebelumnya, kamu bisa bermain bareng untuk menyelesaikan quest, misalnya Dungeon.

Kalau kamu merasa kesepian, terdapat fitur chat yang terbagi menjadi beberapa kategori, seperti World, Clan, Private, dan lain-lain. Jadi, kamu bisa berbincangn dengan seluruh orang, hanya yang di dekat kamu, atau berduaan aja (cie).

#DiRumahAja? Sibukkan Diri di Dunia Fantasi era Korea Klasik

Tentunya di MMORPG kamu tidak hanya sekadar mengalahkan monster dan mengikuti cerita utamanya. Kamu bisa eksplorasi dunia virtual ini sesuka hati kalian.

Bisa saja kamu memilih untuk mengalahkan monster-monster sekitar lalu menjual lootnya sebagai keuntungan. Kamu juga bisa sekadar jalan-jalan lalu menikmati pemandangan bersama karakter cantik kamu.

Lagipula, karakter yang dimainkan bervariasi, mulai dari yang cowo kekar hingga loli, semuanya ada kok hehe.

Semakin tinggi level kamu, semakin banyak konten yang akan dibuka, jadi mainkan dan tingkatkan karakter kamu ya. Jangan lupa juga untuk memperkuat karakter dengan senjata dan aksesoris lainnya, nanti dianggap prematur.

Segera Mainkan!

Kalau kalian sempat melakukan pra-registrasi sebelumnya, maka akan terdapat reward-reward menarik. Hasil dari hadiah ini dapat kalian gunakan untuk membantu naik level dan menjadi karakter yang lebih kuat.

Blade&Soul Revolution mendapatkan antusiasme yang tinggi dengan berhasil menduduki peringkat pertama dalam kategori “App Gratis” di iOS Apple App Store di negara-negara seperti Hongkong, Thailand dan Indonesia, setelah 9 jam sejak pra-download tersedia.

Kalau kalian ingin mencobanya, bisa kunjungi link Google Play dan App Store di bawah ini ya.

Download di Play Store (Android)

Download di App Store (iOS)

Selamat bermain!

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast