Saingi Zoom, Google Gratiskan Meet Hingga Akhir September

Teknologi Mei 06, 2020

Dengan pandemi Virus Corona (Covid-19) yang berkepanjangan mengakibatkan kebutuhan aplikasi video conference meningkat tajam. Melihat kesempatan ini, Google mengumumkan bahwa Google Meet akan diluncurkan ke Gmail secara cuma-cuma hingga 30 September 2020.

Dilansir dari The Verge, Selasa (5/5), Google Meet sebelumnya hanya tersedia untuk pelanggan GSuite saja. Google mengatakan bahwa Meet akan tersedia secara gratis untuk semua penggunanya yang memiliki akun Google.

Dengan menggratiskan akses Meet, Google secara tidak langsung menyatakan persaingan dengan Zoom yang belakangan ini sedang naik daun.

Berbeda dengan saingannya, Meet gratis untuk siapa pun dengan akun Google dan memungkinkan pertemuan hingga 100 orang tanpa batas waktu. Meet juga memiliki beberapa kontrol privasi yang tidak dimiliki Zoom, yang cukup dikenal karena sering terkena serangan Zoom Bombing. Meski demikian, setelah masa promo ini berakhir, akan ada pembatasan penggunaan selama 1 jam.

Pengguna tidak bisa mengklik tautan untuk bergabung dengan Meet, dan harus masuk ke akun Google. Jika tuan rumah Meet (Meet host) belum mengundang pengguna, pengguna akan dikirim ke ruang tunggu sampai tuan rumah menyetujui. Dan tidak seperti Zoom, versi gratis Meet tidak akan memiliki nomor telepon rumah dial-in untuk rapat.

Meet diketahui telah menambahkan sekitar 3 juta pengguna baru setiap harinya. Bahkan menurut Google, baru-baru ini aplikasi tersebut sudah melewati 100 juta peserta rapat harian.

Sayangnya, Google memiliki masalah kepercayaan diri dalam hal memasarakan produk video konferensinya. Google Meet hanya menjadi “Google Meet” awal bulan ini – sebelum layanan itu disebut Hangouts Meet.

Tag

Muhammad Ferdyan Syahputra

Seorang anak Madrasah Aliyah yang nontonnya motorsport dan anime slice of life.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.