Samsung Akan Produksi SoC Exynos 992 dengan Fabrikasi 5nm EUV

Teknologi Mei 30, 2020

Perusahaan smartphone asal Korea, Samsung, saat ini sedang mengembangkan sebuah chipset baru. Chipset tersebut adalah Exynos 992. Chipset Exynos 992 ini dikabarkan akan menjadi salah satu SoC (System-on-Chip) smartphone yang akan menggunakan teknologi fabrikasi 5nm.

Rencananya, produksi massal dari chipset ini akan dimulai pada bulan Agustus mendatang.

Dikutip dari Tek.id, chipset ini juga dikabarkan akan menjadi SOC resmi untuk smartphone Galaxy 20 Series. Namun hal tersebut masih belum jelas dan pihak Samsung belum juga memberikan bocoran.

Secara spesifikasi, chipset Exynos 992 ini menggunakan Arsitektur ARM Cotex-A78 sebagai CPU dan Mali-G7 sebagai GPU. Hal tersebut dilaporkan oleh Wccftech pada (29/5).

Secara teori, chipset ini akan menghasilkan kemampuan prosesor 20 persen lebih efisien dibandingkan dengan Cortex-A77 yang ada pada chipset Exynos 990. Sementara di sisi grafis, pengguna akan dapat melihat kinerja 25 persen lebih baik daripada Mali-G77. 

Selain Exynos 992, Samsung juga dikabarkan sedang mengembangkan prosesor lain yang akan menggunakan EUV 5nm ini. Salah satunya adalah Exynos 1000, yang dikabarkan akan menggunakan GPU smartphone pertama dari AMD. Sayangnya, Samsung enggan memberikan informasi terkait berita tersebut.

Tag

Dimas Febrianto Pratama

Atlet PC Building Simulator Kompetitif Saya bukan VVIBU, jangan terpancing sama fotonya, saya nyomot di Google

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.