Unreal Engine 5 Pamerkan Detail Grafis yang Menakjubkan!

Gaming Mei 14, 2020

Kabar terbaru datang dari Epic Games. Baru-baru, pihaknya tidak hanya mengkonfirmasi bahwa Unreal Engine 5 akan dirilis tahun depan, mereka juga merilis sebuah demo gameplay real-time yang menunjukkan beberapa hal hebat yang bisa dieksekusi engine ini di PlayStation 5.

Dalam demo tersebut, MedForians dapat menyaksikan bagaimana keindahan grafis yang sangat signifikan dari sebuah demo Unreal Engine 5 yang diberi nama Lumen in the Land of Nanite, yang menyerupai game Tomb Raider.

Terlihat bagaimana karakter utama yang merupakan seorang petualang tengah menjelajahi sebuah gua dan reruntuhan kuno. Grafis dalam demo tersebut terdiri dari segitiga-segitiga kecil yang dikombinasikan, bahkan disebutkan bahwa jumlahnya dapat menyentuh ratusan miliar segitiga. Kombinasi segitiga tersebut memungkinkan tingkat detail yang belum pernah terlihat dalam suatu game sebelumnya, bahkan game yang diprediksi akan rilis di next gen mendatang.

Mereka juga mengklaim bahwa detail yang dihadirkan dapat diimplementasikan ke sebuah tempat yang lebih luas, bukan hanya dalam sebuah tempat kecil saja. Walau teknologi ini terdengar kompleks, tapi mereka memastikan bahwa teknologi ini dapat mempersingkat waktu pengembangan suatu game. Tentu saja, teknologi Unreal Engine 5 akan membawa para pemain mendapatkan visual yang lebih baik.

Sekarang dengan PlayStation 5, mereka dapat membuat SSD menangani streaming dari berbagai aset, memungkinkan desainer game untuk membuat lebih detail dari segi grafis.

Selain itu, PlayStation 5 akan memiliki fitur canggih Ray Tracing. Ray Tracing mampu mensimulasikan cara cahaya bergerak dan memantul dalam kehidupan nyata ke dunia game. Game yang memanfaatkan fitur ini akan membuat objek jauh lebih akurat, serta realisme yang lebih tinggi.

Migrasi engine baru

Selain itu juga, pihak Epic Games akan memindahkan engine Fortnite ke engine terbaru ini. Akan tetapi, migrasi tersebut baru akan dilakukan Epic Games pada pertengahan 2021, sementara pada awal peluncuran Xbox Series X dan PS5, Fortnite tetap bakal menggunakan Unreal Engine 4 dengan beberapa perubahan.

Perubahan tersebut sudah termasuk pada perencanaan untuk mendukung para pemainnya dengan cross-progression antar generasi konsol. Hal ini membuat data pemain di konsol sebelumnya tetap bisa digunakan ketika pemain bermain di PlayStation 5 maupun Xbox Series X.

Akankah dengan Engine baru ini bisa mendobrak perkembangan grafis di masa mendatang? Berikan pendapat kalian di kolom komentar!

Tag

Muhammad Luthfi

Something Inspirational

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.