Xiaomi Rilis Redmi Note 9 dan 9 Pro, Yuk Intip Spesifikasinya!

Teknologi Mei 01, 2020

Tepat pada Kamis (30/4) kemarin, Xiaomi resmi meluncurkan ponsel Redmi Note 9 dan 9 Pro secara global melalui siaran langsung secara daring.

Dilansir dari Tek.id dan Kompas Tekno, Jumat (1/5), Abi Go selaku Senior Product Marketing Manager Xiaomi mengungkapkan bahwa kedua ponsel ini akan memberikan pengalaman layaknya ponsel flagship di kelas menengah.

Sebelumnya, Xiaomi sudah meluncurkan Redmi Note 9S yang merupakan versi global dari Redmi Note 9 Pro di pasar Tiongkok.

Sesuai prediksi yang sempat beredar sebelumnya, Xiaomi meluncurkan Redmi Note 9 Pro Max menjadi Redmi Note 9 Pro untuk pasar global. Selain itu, versi standar ponsel ini, Redmi Note 9 juga turut diperkenalkan.

Menurut Go, ini adalah debut internasional bagi kedua perangkat tersebut. Keduanya dikemas dengan tagline “The Legend Continues”.

Ya, keduanya merupakan penerus dari lini Redmi Note 8. Lalu, apa saja spesifikasi dari kedua ponsel ini?

Spesifikasi Redmi Note 9 Pro

Redmi Note 9 Pro hadir dengan layar DotDisplay berukuran 6,67 inci. Di layar ini, Xiaomi menempatkan kamera depannya persis di tengah atas layar dengan konsep punch hole. Hadir dengan rasio aspek 20:9, layarnya sudah mengantongi sertifikat TUV Rheinland. 

Sementara di bagian belakang, Xiaomi kembali memberikan desain simetris untuk perangkatnya. Cover belakang dikemas dengan paduan dua warna, glossy di bagian atas dan matte dengan tekstur diagonal di bagian bawah. Kameranya tersusun di bagian tengah dengan bingkai berbentuk kotak. 

Di bagian belakang tidak nampak adanya pemindai sidik jari. Pasalnya, Xiaomi meletakkan pemindai sidik jari Redmi Note 9 Pro pada tombol power di sisi kanan smartphone itu. Bagian depan dan belakang sudah berlapis Corning Gorilla Glass 5.

Redmi Note 9 Pro dibekali empat kamera. Masing-masing hadir dengan resolusi 64 MP kamera utama, 8 MP ultra wide angle dengan sudut pengambilan gambar sebesar 119 derajat, 5 MP kamera makro dan depth sensor 2 MP untuk mengambil efek kedalaman gambar.

Sementara di bagian depan, terdapat kamera selfie beresolusi 16MP yang sudah didukung AI untuk mode portrait. 

Perlu diketahui bahwa kamera belakangnya sudah mampu merekam dengan kualitas 4K. Tidak hanya itu, Xiaomi juga menyediakan enam opsi efek video yang bisa digunakan dengan nama Kaleidoskop.

Perangkat ini awalnya hendak dijadikan sebagai rebranding dari Redmi Note 9 Pro Max yang hanya rilis di pasar tertentu saja. Pasalnya, Xiaomi menggunakan prosesor yang sama untuk perangkat ini.

Snapdragon 720G akan tertanam di dalamnya dengan dukungan RAM 6GB dan dua pilihan memori internal, yakni 64GB dan 128GB. 

Tidak hanya itu, Redmi Note 9 Pro ini hadir dengan baterai berkapasitas 5020mAh dan dukungan teknologi fast charging 30W. Dalam paket penjualannya, Xiaomi menyatakan akan memberikan adaptor charger 33W.

Spesifikasi Redmi Note 9

Sedikit berbeda dengan versi Note 9 pro, Redmi Note 9 hadir dengan layar FHD+ berukuran 6,53 inci. Di bagian pojok kiri atas layar, terdapat sebuah kamera punch hole, atau Xiaomi sebut sebagai DotDisplay. Perlindungan Gorilla Glass 5 juga diberikan untuk perangkat ini.

Dari sektor kamera, Redmi Note 9 juga dibekali dengan empat kamera, salah satunya adalah kamera utama 48 MP. Meski tidak menyebutkan spesifikasi kamera lainnya, namun yang pasti tiga lainnya merupakan kamera ultra wide dengan sudut pengambilan gambar 118 derajat, depth sensor 2 MP dan lensa kamera makro 2 MP serta LED Flash.

Note 9 (sumber: Kompas Tekno)

Sementara di bagian depan, Xiaomi menyematkan kamera selfie 13 MP dan juga bisa digunakan untuk mengaktifkan fitur Face unlock di perangkat.

Di bagian dalam, Redmi Note 9 dibekali dengan prosesor Helio G85 dan dukungan RAM 3 GB dan 4 GB. Masing-masing kapasitas RAM itu hadir dengan memori internal yang berbeda, yakni 64 GB dan 128 GB.

Redmi Note 9 juga hadir dengan baterai berkapasitas 5020mAh. Bedanya dengan versi Pro adalah perangkat ini menggunakan teknologi fast charging 18W. Xiaomi mengklaim akan memberikan adaptor charger 22,5W di dalam paket penjualannya.

Tidak hanya itu, Xiaomi juga menjanjikan dukungan NFC, namun terbatas untuk pasar tertentu saja.

Harga dan ketersediaan varian

Redmi Note 9 Pro akan hadir dengan tiga pilihan warna, yakni Tropical Green, Glacier White dan Interstellar Grey. Untuk versi RAM 6/64GB, Xiaomi membanderolnya dengan harga USD 269 (atau sekitar Rp 4 jutaan). Sementara versi 6GB/128GB akan dihargai USD 299 (atau sekitar Rp 4,5 jutaan). 

Sementara itu, Redmi Note 9 juga akan hadir dengan tiga varian warna, yakni Forest Green, Polar White dan Midnight Grey. Versi RAM 3 GB/64 GB dibanderol USD 199 (atau sekitar Rp3 jutaan), sementara versi RAM 4GB/128GB dijual USD 249 (sekitar Rp 3,7 jutaan).

Kedua perangkat ini akan mulai tersedia pada pertengahan Mei mendatang. Namun, belum bisa dipastikan apakah Redmi Note 9 ataupun versi pro akan dijual di Indonesia atau tidak.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.