Apple Kembangkan Aplikasi Kunci Mobil untuk BMW Seri 5

Teknologi Jun 23, 2020

Seiring perkembangan jaman, sebuah teknologi dapat menyingkirkan alat-alat konvensional yang sudah ada. Seperti misalnya sistem keamanan pada mobil yang dapat dikendalikan hanya lewat aplikasi smartphone.

Sedang Dikembangkan untuk Seri Terbaru BMW

Dilansir dari The Verge, Apple kini tengah mengembangkan sistem keamanan yang ditujukan untuk mobil sedan terbaru dari brand Jerman BMW yaitu BMW 5 series untuk tahun 2021 nanti.

Aplikasi ini bernama Car Key yang telah diperkenalkan pada acara Worldwide Developers Conference. Aplikasi ini merupakan sebagian kecil dari perkenalan iOS 14 dan BMW 5 series inilah yang akan mengadopsi teknologi kunci dari smartphone untuk pertama kalinya.

Cukup Sentuh iPhone dan Verifikasi

Cara kerja dari aplikasi Car Key adalah sebagai berikut. Setelah Anda memasangkan iPhone atau Apple Watch dengan mobil yang mendukung Car Key, jika ingin membuka kunci mobil, Anda hanya perlu memegang ponsel iPhone anda di dekat pembaca NFC yang ada di mobil Anda (misalnya, di handle pintu mobil).

Anda akan diminta untuk mengautentikasi dengan ID Wajah atau ID Sentuh sebelum mobil dibuka. Atau, Anda dapat mengatur Mode Express untuk melewati otentikasi biometrik. Anda juga dapat berbagi akses dengan orang lain melalui iMessage. Apple mengatakan fitur tersebut akan mendukung iOS 13 juga.

Pabrikan mobil lain sebenarnya juga sudah melirik teknologi kunci via aplikasi ini, tetapi mereka adalah aplikasi yang terpisah, tidak dimasukkan langsung ke sistem operasi Apple, dengan semua keuntungan yang dapat diberikan. Memiliki tempat sentral di iOS untuk kunci mobil juga dapat memungkinkan Anda menyimpan kunci digital untuk beberapa mobil di satu tempat.

Car Key dapat menggunakan spesifikasi Digital Key Release 2.0 dari Car Connectivity Consortium, yang secara resmi diselesaikan pada bulan Mei.

Dapat Kurangi Biaya Produksi

“Memanfaatkan teknologi Near Field Communication (NFC) untuk komunikasi tanpa kontak antara smartphone dan kendaraan, dan mendukung arsitektur yang dapat diskalakan untuk adopsi massal sekaligus mengurangi biaya.” SK Yong, yang adalah manajer teknologi nirkabel dan ekosistem Apple, menurut LinkedIn-nya, terdaftar sebagai direktur di dewan Konsorsium.

Tag

Yoan Fernanda

Seorang penggemar Pop Culture, baik Western, Korea, maupun Jepang. Dan seorang Petrolhead, fans berat Subaru #FL4TISJUSTICE

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.