Sah! Co-Founder Bukalapak Fajrin Rasyid Ditunjuk Jadi Direktur Digital Baru Telkom

Teknologi Jun 20, 2020

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) hari ini menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Salah satu agendanya adalah perombakan jajaran direksi dan komisaris.

Dilansir dari detikcom dan CNBC Indonesia, Co-founder dan Presiden Bukalapak Muhammad Fajrin Rasyid menjadi salah satu calon direktur di Telkom. Menurut sumber dia akan didapuk menjadi Direktur Digital Telkom.

“Iya jadi direktur digital,” kata sumber yang tak mau disebutkan namanya kepada detikcom, Jumat (19/6).

Selain itu, sumber tersebut juga menghembuskan nama lain yang akan mengisi jajaran direksi Telkom adalah Direktur Utama Pelindo 1 Dian Rachmawan.

“Dia juga jadi direktur Telkom juga,” tuturnya.

Direktur Utama Tidak Diganti

Sementara itu, posisi Direktur Utama Telkom masih dijabat oleh Ririek Adriansyah. Telkom sendiri menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada pukul 14.00 siang hari ini.

Selain pembagian dividen, yang menjadi pusat perhatian publik dalam RUPST Telkom hari ini adalah perubahan susunan pengurus perseroan.

Disebut Sebagai Direksi Dari Milenial

Fajrin Rasyid adalah figur yang disebut-sebut Menteri BUMN Erick Tohor sebagai salah satu kandidat direksi Telkom di bawah 40 tahun. Fajrin akan jadi direksi milenial pertama di BUMN telekomunikasi ini.

Pria yang berusia 34 tahun ini lahir di Jakarta. Ia menempuh pendidikan sarjana di Institute Teknologi Bandung (ITB) dengan jurusan Teknik Informatika.

Mengutip LinkedIn, Kamis (18/6), usai lulus dari ITB, karir pertamanya adalah sebagai konsultan di Boston Consulting Group.

Ia bertanggung jawab untuk memberikan masukan soal industri di Asia Tenggara. Ia berkarir di sana selama 1 tahun 6 bulan.

Mundur, Lalu Gabung Dirikan Bukalapak

Setelahnya, ia memilih mundur dan mendirikan startup Bukalapak bersama dengan Ahmad Zaky dan Nugroho Herucahyono, teman kuliahnya di ITB.

Tiga sekawan ini kemudian berhasil membesarkan Bukalapak dan menarik investor global dan lokal untuk menyuntikkan dana.

Telah Dibocorkan Sebelumnya

Sabtu lalu, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir membocorkan ihwal keputusan yang akan diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

Menurut dia, salah satu direksi yang akan dipilih merupakan generasi muda atau berusia di bawah 40 tahun.

“Makanya nanti Telkom salah satu direksinya, bocoran ini, salah satu direksinya berusia di bawah 40 tahun,” kata Erick dalam diskusi virtual pada 13 Juni lalu.

Konfirmasi Bukalapak

Bukalapak sendiri membenarkan kabar bahwa salah seorang pendirinya, Fajrin Rasyid kini sudah menjadi salah seorang direktur di Telkom.

“Kami mengonfirmasi bahwa salah satu co-founder sekaligus Presiden Bukalapak, Muhammad Fajrin Rasyid, telah resmi ditunjuk dan ditetapkan sebagai Direktur Digital Business PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom),” kata Bukalapak dalam keterangan resmi yang diunggah di laman resmi mereka, sebagaimana dikutip dari Antara News.

Dalam keterangan tersebut, Fajrin akan menyerahkan tugasnya sebagai Presiden Bukalapak kepada Dewan Direksi dan Manajemen Bukalapak.

Perwakilan Bukalapak belum menginformasikan siapa yang akan menggantikan posisi Fajrin.

Fajrin menyatakan bahwa dirinya ingin membantu mengembangkan dunia telekomunikasi Indonesia melalui jabatan barunya tersebut.

“Saya berharap pengalaman saya membesarkan bisnis startup hingga menjadi besar seperti sekarang dapat membawa kontribusi untuk mengembangkan Telkom,” kata Fajrin.

Tag

Andhika Rizky Reihansyah

Broadcasting, Tech and Design Geek

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.