Google Perkenalkan Desain Minimalis Pada Logo Google Photos

Kreasi Jun 28, 2020

Semakin bertambahnya tahun kita akan mendapatkan informasi tentang banyaknya perusahaan bahkan BUMN yang memperbaharui logonya menjadi lebih minimalis.

Hal mengejutkan ternyata datang dari layanan aplikasi Google Photos yang akhirnya mendapatkan pembaharuan besar-besaran setelah sekian lama. Hal ini bertujuan untuk memberikan desain yang lebih minimalis serta tampilan yang baru pada mode peta. 

Tampilan Logo terbaru Google Photos. Sumber: Google/Future Owns

Tak hanya itu, logo dari Google Photos sendiri tak luput dari pembaharuan besar-besaran yang dilakukan oleh Google. Logo yang baru memiliki kesan minimalis, warna yang lebih hambar,  dan memiliki ujung yang lebih bulat.

Tak Semua Orang Suka

Dilansir dari Creative Blog, Google mengatakan bahwa desain pinwheel (mainan kincir angin) bertujuan untuk membuat kita merasa nostalgia. Tetapi nyatanya tak semua orang suka dengan tampilan Google Photos yang lebih minimalis.

Dapat dilihat perbedaan yang signifikan dari desain lama dan yang baru, seperti warna, dan bentuk. Desain yang lebih minimalis terkesan menonjol dari tampilan baru ini. Jikalau logo sebelumnya memiliki bentuk yang tegas, dua warna yang berbeda di setiap bagian, dan terdapat ‘shuriken’ di bagian tengah.

Kini logo tersebut disajikan dengan warna yang khas dari Google dan setiap sisi menjadi setengah lingkaran yang terkesan abstrak dan seperti kincir.

Tak sedikit dari netizen Twitter yang mengatakan bahwa tidak suka dengan perubahan minimalis yang dirasa tidak perlu, kehilangan identitas aslinya, menjadi terlalu sederhana, bahkan ada juga yang merasa bahwa desain logo terbaru memiliki kemiripan dengan salah satu waralaba supermarket di Amerika.

Google mengklaim telah mempertahankan “bentuk kincir yang akrab untuk mengingatkan tentang kenangan masa lalu”, tetapi tetap tidak yakin jika kincir tersebut dapat dikenali dalam bentuk sederhana ini. 

Penghapusan warna bayangan dan bentuk runcing menyebabkan hilangnya kualitas tertentu, membuat setengah lingkaran seperti empat bentuk abstrak yang terpisah. Bahkan salah satu desainer (di bawah) memberikan saran perubahan dari versi yang lama tanpa kehilangan bentuk aslinya.

Meskipun tidak terlihat seperti ‘kincir’ bagi sebagian dari orang, tak dapat dipungkiri bahwa logo baru ini memiliki karakteristik yang abstrak, bagus, dan bersih serta desain bundar yang lebih konsisten dibandingkan logo dari layanan Google lainnya.

Tag

Alfa Christian

Saya bukan siapa-siapa jadi ngapain stalk sampai kesini?

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.