Facebook dan PayPal Resmi Jadi Investor Terbaru Gojek

Teknologi Jun 03, 2020

Gojek mengumumkan dua investor terbarunya yaitu Facebook dan PayPal. Kedua perusahaan tersebut resmi menjadi investor dalam penggalangan dana perseroan putaran terkini.

Selain itu, di dalam penggalangan dana putaran yang sama, dua perusahaan besar lainnya yaitu Google dan Tencent juga menambah investasi setelah sebelumnya menanamkan investasi pada Gojek dalam penggalangan dana putaran sebelumnya.

Bergabungnya Facebook dan PayPal sebagai investor Gojek, menyusul Google dan Tencent, merupakan usaha untuk mendukung Gojek dalam misi mendorong pertumbuhan ekonomi secara digital di kawasan Asia Tenggara.

Fokus pertumbuhan ekonomi tersebut berada pada layanan pembayaran dan keuangan. Sumber daya yang berasal dari perusahaan-perusahaan tersebut, nantinya akan ditambahkan dengan teknologi yang dimiliki oleh Gojek.

Hal tersebut untuk mendorong adopsi sistem pembayaran secara digital dengan cepat yang dapat mendatangkan berbagai manfaat bagi jutaan usaha dan orang yang berada di kawasan Asia Tenggara.

Tujuan utama ekonomi digital milik Gojek

Layanan pembayaran digital milik Gojek, yaitu Go-Pay, sejak lama memang berfokus untuk meningkatkan akses ekonomi secara digital bagi UMKM.

Dengan bergabungnya perusahaan besar tersebut, mempercepat usaha Gojek untuk mengembangkan tujuan tersebut ditengah UMKM yang masih mengandalkan sistem transaksi secara tunai.

Arus pendanaan oleh Facebook, PayPal, Google, Tencent dan perusahaan-perusahaan global lainnya juga akan mendukung lebih banyak UMKM menuju digitalisasi.

“Bergabungnya Facebook, PayPal, Google dan Tencent merupakan pengakuan di mana perusahaan teknologi paling inovatif di dunia melihat dampak positif Gojek terhadap Indonesia dan Asia Tenggara. Dengan bekerja sama, kami memiliki kesempatan untuk mencapai sesuatu yang betul-betul unik seiring dengan upaya kami mendukung lebih banyak digitalisasi di dunia usaha dan memastikan jutaan pelanggan mendapat manfaat dari ekonomi digital.” Kata Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo. 

Pembayaran PayPal melalui platform Gojek

Berkaitan dengan investasi yang dilakukan oleh PayPal, kedua pihak (payPal dan Gojek) menyepakati bahwa pembayaran PayPal dapat dilakukan melalui platform milik Gojek.

Kesepakatan perusahaan ini membuka akses bagi para pengguna Go-Pay ke jaringan PayPal yang terdiri dari 25 juta merchant di seluruh dunia.

“Asia Tenggara sedang berada di titik yang sangat krusial dalam proses adopsi digital yang dapat menciptakan kesempatan baru untuk memberikan layanan finansial kepada konsumen maupun penyedia layanan atau merchant yang selama ini belum terhubung ke layanan perbankan. Kami sangat bersemangat dalam memasuki sebuah hubungan strategis dengan Gojek untuk memperluas akses dan memberikan pengalaman baru bagi para pengguna kami di pasar yang sangat dinamis ini dan di seluruh dunia”. Head of Corporate Development and Ventures for APAC, PayPal, Farhad Maleki. 

Sumber : Tek.id, Kompas Tekno

Tag

Dimas Febrianto Pratama

Atlet PC Building Simulator Kompetitif Saya bukan VVIBU, jangan terpancing sama fotonya, saya nyomot di Google

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.