Gokreator, Startup Lokal Khusus Bagi Content Creator dengan Konsep Uang Tip

Kreasi 11 Jun 2020

PT Karya Onto Mandiri resmi meluncurkan gokreator.com. Ini merupakan startup lokal yang mengusung platform bagi para kreator Indonesia untuk dapat mempromosikan karya, meningkatkan engagement dengan fans hingga mendapatkan penghasilan dari konten.

Fitur unggulan

Ada tiga fitur unggulan yang diusung gokreator. Pertama adalah ‘tip jar’, di mana para fans dapat memberikan uang tip kepada kreator favorit, mulai dari Rp 10.000,-.

Sebagai timbal balik, para fans yang memberikan uang tip akan mendapatkan konten eksklusif dari kreator yang tidak dipublikasikan kepada siapapun di platform manapun.

Para kreator pun mudah untuk mencairkan penghasilan dari uang tip ketika ‘tip jar’ sudah mencapai Rp 100.000.

Kedua adalah fitur proyek. Selain konten, kreator juga bisa menawarkan jasa lain sesuai keahlian mereka kepada para fans untuk bisa menambah pundi penghasilan.

Fitur proyek memungkinkan kreator menerima pekerjaan apapun yang dipesan oleh fans sesuai dengan keahlian kreator.

Ketiga dan terakhir ialah fitur membership. Melalui fitur ini, kreator bisa mendapatkan penghasilan tetap sesuai level keanggotan para fans.

Ada pula fitur top creator yang mempromosikan kreator yang aktif berkarya dan fitur streaming alert yang akan memberikan notifikasi bagi kreator ketika fans memberikan tip saat live meeting dengan fans.

Gokreator memungkinkan podcaster, penulis, musisi, video creator, komikus, visual artist, dan kreator lain untuk dapat mempromosikan karya sekaligus menjangkau pasar lebih luas. 

“Selain membantu mempublikasikan karya kreator lokal, gokreator menjadi wadah untuk mempererat hubungan antara kreator dengan fans, misalnya melalui fitur chat,” ujar Ady Rahmat, Chief Operating Officer Gokreator dalam siaran pers yang diterima MedForSquad, Kamis (11/6).

Ady meyakini, fitur uang tip menjadi solusi new normal bagi kreator lokal. Hal inilah yang menjadikan gokreator berbeda dengan platform lain. 

“Gokreator membantu saya menjangkau lebih banyak pendengar. Kerennya lagi, fans podcast saya bisa memberikan tip sehingga saya bisa meraih penghasilan tambahan,” ujar Imre Nagi, salah satu kreator di gokreator.com.

Proses menjadi kreator sangat mudah. Kreator membuat akun di gokreator.com, mengatur membership level, mempublikasikan konten dan mempromosikan karya ke berbagai social media.

Gokreator menargetkan bisa menjaring 25.000 pengguna dan 1.000 kreator dalam satu tahun pertama. Setelah meluncurkan versi web, gokreator berencana merilis versi mobile app pada kuartal IV tahun ini.

Tag

Visio

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.