Google Perkenalkan Keen, Aplikasi Online Pinboard Pesaing Pinterest

Teknologi Jun 22, 2020

Tim Google melalui tim eksperimental Area 120 kembali memperkenalkan aplikasi baru di Google Play Store yang bernama Keen.

Dilansir dari Kompas Tekno dan Detik, Keen merupakan aplikasi yang mengusung konsep berbagi papan pin virtual, mirip seperti pinteresr yang memungkinkan pengguna dapat mengoleksi apa pun yang mereka sukai dari website mana pun, untuk dibagikan kepada orang lain.

Sama seperti aplikasi buatan Google lainnya, Keen mengharuskan pengguna untuk mendaftar terlebih dahulu dengan memasukkan akun Google mereka.

Setelah Log In, Google akan melacak minat dan kesukaan mereka dengan teknologi Artificial Intelligence “machine learning” untuk mengumpulkan segala informasi menarik yang dapat pengguna temukan.

Aplikasi ini juga memiliki opsi untuk mengumpulkan link website yang terorganisir dalam kategori yang bisa dikreasikan oleh pengguna dengan berbasiskan gambar atau foto.

Nantinya, pengguna dapat membuat ‘Keen’ untuk setiap minat dari pengguna dengan memberi judul, menambahkan konten sendiri, dan mengatur Keen dengan rapi di profil.

Serupa dengan Papan Grup pada Pinterest, Keen juga memungkinkan pengguna lain dapat menambahkan atau mengedit konten mereka pada pinboards yang sudah ada.

Pengguna juga bisa mengundang teman untuk berkolaborasi ataupun berbagi ide, bahkan membangun komunitas di sekitar tujuan dan minat bersama.

Tampilan Google Keen. Sumber: Detik

Ide awal lahirnya Keen

Aplikasi ini awalnya muncul setelah CJ Adam, salah satu pendiri Keen dan istri memperhatikan perilaku ketika mereka menghabiskan banyak waktu luang dengan menelusuri feed di media sosial.

Setelah itu, tercetuslah ide untuk mengumpulkan ide, tautan, dan hal lainnya berdasarkan minat dan hobi mereka sendiri, lalu membiarkan mereka menghabiskan lebih banyak waktu untuk kepentingan bersama.

Kemudian, Adam membawa gagasan tersebut ke tim Area 120 Google dan bekerja sama dengan tim Google lainnya bernama People dan AI Research (PAIR) yang berfokus pada penelitian dan pengembangan sistem pembelajaran di mana Keen dibuat.

Sudah rilis di Android

Pengguna Android dapat mencoba Keen melalui Google Play Store dan desktop. Sementara itu, untuk versi iPhone belum direncanakan rilis.

Bagi yang berminat untuk mengunduh Keen di Play Store, MedForians bisa mengunjungi tautan berikut ini atau mengakses layanan melalui situs resmi mereka di staykeen.com.

Tag

Vicio Rizky

Hanya seorang mahasiswa wibu yang menyukai game, manga, anime.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.