Intel Luncurkan Chipset Prosesor Xeon Scalable Generasi Ketiga

Teknologi Jun 19, 2020

Tepat pada hari ini, Kamis (18/6), Intel memperkenalkan prosesor Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 dan penambahan untuk portofolio AI perangkat keras dan lunaknya, memungkinkan pelanggan untuk mempercepat pengembangan dan penggunaan AI dan beban kerja analitik di pusat data, jaringan, dan intelligent-edge environment.

Sebagai prosesor server pertama di industri yang didukung oleh built-in bfloat16, prosesor Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 memperluas penggunaan inferensi kecerdasan buatan (AI) dan pelatihan pada CPU yang dirancang untuk tujuan umum, untuk aplikasi yang mencakup klasifikasi gambar, mesin rekomendasi, pengenalan suara dan pemodelan bahasa.

“Kemampuan untuk menyebarkan penggunaan AI dan analitik data dengan cepat sangat penting untuk bisnis pada saat ini. Kami tetap berkomitmen untuk meningkatkan akselerasi built-in AI dan optimisasi perangkat lunak dalam prosesor yang memberikan kekuatan pada pusat data di dunia dan solusi edge, serta menghadirkan landasan silikon yang tak tertandingi untuk memberi insight yang dihasilkan dari data,” ujar Lisa Spelman, Intel Corporate Vice President dan General Manager untuk Xeon and Memory Group melalui rilis pers yang diterima MedForSquad.

Mengapa ini penting?

AI dan analitik membuka peluang baru bagi pelanggan di berbagai industri, termasuk keuangan, kesehatan, industrial, telekomunikasi, dan transportasi. IDC memprediksi bahwa pada tahun 2021, 75% aplikasi perusahaan akan menggabungkan AI.

Dan pada tahun 2025, IDC memperkirakan sekitar seperempat dari semua data yang dihasilkan akan disesuaikan dengan real-time, dengan berbagai perangkat internet of things (IoT) menciptakan 95% dari pertumbuhan volume tersebut.

Luasnya Portofolio yang Tiada Banding dan Dukungan Ekosistem untuk AI dan Analisis

Platform data terbaru dari Intel, ditambah dengan ekosistem mitra yang berkembang menggunakan teknologi AI yang dioptimalkan bagi bisnis untuk memonetisasi data mereka melalui penyebaran AI dan layanan analitik yang cerdas.

Prosesor Baru Intel Xeon Scalable Generasi ke-3

Intel semakin memperluas investasinya dalam akselerasi built-in AI pada prosesor Intel Xeon Scalable Generasi ke-3, melalui integrasi dukungan bfloat16 ke dalam teknologi Intel DL Boost prosesor yang unik.

Bfloat16 adalah format numerik padat yang menggunakan setengah bit sebagai format FP32 pada saat ini tetapi mencapai akurasi model yang sebanding dengan minim perubahan perangkat lunak (jika ada) yang diperlukan.

Penambahan dukungan bfloat16 mempercepat pelatihan AI dan kinerja inferensi di CPU. Intel mengoptimalkan distribusi untuk kerangka kerja deep learning terdepan (termasuk TensorFlow dan Pytorch) yang mendukung bfloat16 dan tersedia melalui toolkit Intel AI Analytics.

Intel juga memberikan optimisasi bfloat16 ke dalam toolkit OpenVINO dan lingkungan ONNX Runtime untuk memudahkan penyebaran inferensi.

Prosesor Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 (yang diberi kode Cooper Lake) mengembangkan penawaran prosesor Intel 4 dan 8-soket. Prosesor dirancang untuk deep learning, kepadatan mesin virtual (VM), database pada memori, aplikasi yang sangat penting dan beban kerja analitik yang intensif.

Pelanggan yang menyegarkan infrastruktur yang menua dapat mengharapkan perkiraan kenaikan rata-rata 1.9 kali pada beban kerja dan hingga 2.2 kali VMs dibandingkan dengan platform setara 4 soket yang berusia lima tahun.

Memori Persisten Intel Optane Terbaru untuk AI dan Analitik

Sebagai bagian dari Platform Intel Xeon Scalable Generasi ke-3, Intel juga mengumumkan seri memori tetap Intel Optane 200, yang memberikan pelanggan hingga 4,5 TB memori per soket untuk mengelola beban kerja data yang intensif, seperti basis data dalam memori, virtualisasi padat, analitik dan komputasi bertenaga tinggi.

Intel 3D NAND SSDs Terbaru

Untuk sistem penyimpanan data dalam semua array flash, Intel mengumumkan ketersediaan pada Intel 3D NAND SSDs generasi berikutnya yang berkapasitas tinggi, Intel SSD D7-P5500 dan P5600.

3D NAND SSDs ini dibangun dengan teknologi 3D NAND triple-level cell (TLC) terbaru Intel dan all-new PCIe controller berlatensi rendah untuk memenuhi persyaratan IO yang intens dari beban kerja AI dan analitik serta fitur canggih untuk meningkatkan efisiensi T.

Intel FPGA Pertama Yang Dioptimalkan dengan AI

Intel mengungkapkan Intel® Stratix® 10 NX FPGA yang akan datang, FPGA pertama yang dioptimalkan AI dari Intel yang ditargetkan untuk akselerasi AI bandwidth tinggi, dengan latensi rendah. FPGA ini akan menawarkan akselerasi AI yang dapat disesuaikan, dikonfigurasi ulang, dan dapat diskalakan untuk aplikasi yang menuntut komputasi seperti pemrosesan bahasa dan deteksi penipuan.

Intel Stratix 10 NX FPGAs termasuk memori dengan bandwidth tinggi dan terintegrasi (HBM), kemampuan jaringan berkinerja tinggi dan blok aritmatika baru yang dioptimalkan AI yang disebut AI Tensor Blocks, yang berisi susunan padat dari pengganda dengan presisi lebih rendah yang biasanya digunakan untuk aritmatika model AI.

Pengembangan Lintas-Arsitektur OneAPI untuk Inovasi AI yang Sedang Berlangsung

Saat Intel memperluas portofolio produk AI canggihnya untuk memenuhi beragam kebutuhan pelanggan, Intel juga memulai langkah untuk menyederhanakan pemrograman heterogen untuk pengembang dengan portofolio OneAPI lintas-arsitektur untuk mempercepat kinerja dan meningkatkan produktivitas. Dengan alat canggih ini, developers dapat mempercepat beban kerja AI di seluruh CPU Intel, GPU, dan FPGA, dan mengolah kode mereka di masa mendatang untuk prosesor dan akselerator Intel generasi sekarang dan selanjutnya.

Portofolio Intel Select Solutions yang Disempurnakan Merupakan Persyaratan Utama TI

Intel telah meningkatkan portofolio Select Solutions untuk mempercepat penyebaran teknologi yang mendukung kebutuhan TI yang paling mendesak; menyoroti nilai pengiriman solusi pra-verifikasi dalam iklim bisnis yang berkembang pesat saat ini. Yang diumumkan hari ini adalah 3 Intel Select Solutions baru dan 5 Intel Select Solutions yang ditingkatkan yang berfokus pada analitik, AI, dan infrastruktur hyper-konvergensi.

Intel Select Solution for Genomics Analytics yang disempurnakan sedang digunakan di seluruh dunia untuk menemukan vaksin COVID-19 dan Intel Select Solutions baru untuk VMware Horizon VDI di vSAN yang digunakan untuk meningkatkan pembelajaran jarak jauh.

Kapan Tersedia?

Prosesor Intel® Xeon Scalable Generasi ke-3 dan memori 200 Intel persisten seri 200 dikirimkan kepada pelanggan pada hari ini.

Pada bulan Mei, Facebook telah mengumumkan bahwa prosesor Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 adalah fondasi untuk server Open Compute Platform (OCP) terbarunya, dan CSP terkemuka lainnya, termasuk Alibaba, Baidu dan Tencent, telah mengumumkan bahwa mereka mengadopsi prosesor generasi berikutnya.

Ketersediaan sistem OEM umum diharapkan pada paruh kedua tahun 2020. Intel SSD D7-P5500 dan Intel P5600 3D NAND SSD tersedia pada saat ini. Dan Intel Stratix 10 NX FPGA diharapkan akan tersedia pada 2H 2020.

Tag

Vicio Rizky

Hanya seorang mahasiswa wibu yang menyukai game, manga, anime.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.