Karena COVID-19, Layanan Streaming di Indonesia Alami Peningkatan Drastis

Teknologi 12 Jun 2020

Semenjak pertama kali diumumkan kasus positif virus corona (COVID-19/SARS-CoV-2) pada bulan Maret lalu, sebagian besar masyarakt mau tidak mau harus mengurangi aktivitas di luar dan lebih sering berada di rumah.

Selama waktu krisis ini, sudah wajar bagi setiap orang untuk mencari bahan hiburan. Apabila tidak bisa pergi jalan-jalan, maka akan mencari kesenangan di dunia maya, khususnya dengan menonton film di situs dan aplikasi streaming.

Nah, Justwatch memberikan data seputar film apa saja yang digemari serta layanan streaming apa saja yang sangat sering digunakan oleh penduduk Indonesia, sehingga mengalami peningkatan intensitas penggunaan yang drastis.

Sebagian data bisa dilihat secara real-time melalui link berikut: https://www.justwatch.com/us/impact-of-social-distancing-on-streaming

Ingin tahu lebih banyak? Begini rincian dan grafiknya

5 film terfavorit sebelum dan sesudah pandemi Covid-19

Sangat menarik bagaimana minat pada film tertentu bisa berubah selama pandemi. Kalian bisa melihat bahwa “Contagion” tiba-tiba menjadi film dengan permintaan terbesar. Tren ini menyebar ke berbagai negara.

Ini juga ditunjukkan oleh volume pencarian google di seluruh dunia untuk “Contagion”. Pada Desember tahun lalu masih di sekitar 135 ribu. Pada akhir Februari, kalian bisa melihat 1,8 juta orang mencari “Contagion” dan pada akhir Maret, jumlahnya mencapai 16,6 juta pencarian.

Sementara itu, film Harry Potter masih menjadi yang terfavorit bagi masyarakat Indonesia.

5 film terfavorit di IndonesiaSebelum pandemiSelama pandemi
1Harry Potter and the Goblet of FireHarry Potter and the Goblet of Fire
2Castaway on the MoonMiracle in Cell No. 7
3The Imitation GameHer
4Call Me by Your NameContagion
5Bei Jing yu shang Xi Ya TuHarry Potter and the Philosopher’s Stone

*data selama Februari dibandingkan dengan April

Bagaimana layanan streaming mendapat untung selama pandemi

Layanan streaming juga mendapat keuntungan yang meningkat drastis selama pandemi. MedForians bisa melihat lebih dalam dan menganalisis jumlahnya:

Streaming service+% peningkatan setelah pandemi*
iflix+518%
Viu+421%
Catchplay+358%
Netflix+298%

*data hingga 15.03.20

Grafik layanan streaming di Indonesia pada bulan April

Berdasarkan data grafik di atas hingga akhir April lalu, Netflix sebagai layanan streaming film raksasa di dunia, juga ikut mendominasi sebagai layanan yang paling sering dipakai di Indonesia.

Total intensitas penggunaan Netflix mencapai angka 62%, berbanding jauh dengan layanan streaming pesaing lainnya, iFlix dan viu yang masing-masing dengan angka 16%.

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast