Kenang George Floyd, Spotify Hening Selama 8 Menit 46 Detik

Teknologi 3 Jun 2020

Ada cara tak biasa yang dilakukan oleh platform streaming musik online Spotify dalam menghormati meninggalnya George Floyd dan menyerukan “Blackout Tuesday”. Ya, Spotify mengheningkan sejumlah daftar putar lagu (Playlist) dan podcast selama 8 menit 46 detik.

Dilansir dari Antara News dan Kompas Tekno, Selasa (2/6), sejumlah label rekaman berpartisipasi setelah ajakan untuk bertindak dari kepala pemasaran Atlanta Records Jamila Thomas dan mantan karyawan Atlantik Brianna Agyemang yang dimulai dengan tagar #TheShowMustBePaused.

“Tanggal 2 Juni adalah Black Out Tuesday, hari pelepasan kolektif dari pekerjaan yang dimaksudkan untuk membantu orang-orang berefleksi dan berkumpul untuk mendukung komunitas kulit hitam,” kata Spotify dalam sebuah unggahan Blog resmi pada Senin (1/6) kemarin.

Spotify menyatakan bahwa mulai hari ini dan setiap hari, Spotify akan mendukung karyawan, teman, mitra, artis, dan pencipta yang menggunakan platform tersebut dalam perang melawan rasisme, dan ketidak adilan.

“Kami menggunakan kekuatan platform kami untuk berdiri dengan para kreator berkulit hitam, memperkuat suara mereka, dan mempercepat percakapan yang bermakna dan perubahan yang sangat dibutuhkan. Akibatnya, kalian akan melihat beberapa perubahan di Spotify mulai pukul 12:01 pada hari Selasa.”

Spotify mengatakan akan menghentikan sementara semua publikasi media sosial, mengganti gambar utama podcast dan daftar putar dan logo dengan gambar hitam.

Tak hanya itu, pihaknya lebih mempromosikan seniman berkulit hitam dan podcaster dengan daftar putar yang dikuratori secara khusus dan Black History is Now.

Beberapa karya podcast yang dapat dinikmati di antaranya seperti Code Switch, You Had Me at Black, and Higher Learning with Van Lathan dan Rachel Lindsay. Sedangkan daftar putar lagu khusus bertajuk Black Lives Matter.

Kronologi singkat

Sebelumnya, George Floyd meninggal dunia usai leher bagian belakangnya ditindih dengan lutut oleh polisi bernama Derek Chauvin, ketika tiarap sedang diamankan.

Perlu diketahui bahwa panjang durasi saat hening yang dilakukan Spotify itu sama dengan jumlah waktu mantan perwira polisi Minneapolis Derek Chauvin menghimpit leher Floyd dengan lututnya.

Kasus kematian Floyd mengundang aksi demonstrasi besar di Amerika Serikat. Tak hanya itu, sebuah kampanye khusus “Blackout Tuesday” muncul, dan dirancang untuk memprotes kekerasan dan rasisme polisi.

Tag

Rizuki

Hanya seorang budak korporat yang menyukai game, manga, anime.