Keren, Ford Akan Terapkan Sistem Autonomous Driving pada Mustang Mach-E

Teknologi Jun 23, 2020

Dalam dunia otomotif saat ini sudah tidak asing lagi istilah autonomous driving atau mobil yang menyetir secara otomatis. Beberapa brand otomotif raksasa telah menerapkan teknologi ini, seperti BMW pada mobil elektrik i3 serta brand khusus mobil elektrik Tesla.

Brand otomotif legendaris asal Michigan, Ford juga ikut andil dalam penerapan teknologi ini.

Dilansir dari dari situs berita Antara melalui Suara.com, Ford Motor Company kini menambahkan fitur bertajuk hands-free pada teknologi bantuan pengemudi Co-Pilot360, yang memungkinkan pengendara mobil Ford melepaskan setir saat tengah melaju di jalur tertentu semisal jalan tol.

“Mengemudi di ruas jalan raya yang panjang tetap menjadi masalah besar bagi pengemudi di seluruh dunia. Lewat teknologi bantuan pengemudi seperti Active Drive Assist, atau kami menyebutnya hands-free Ford, konsumen bisa menjadi lebih percaya diri kapan pun mereka mesti menyetir,” papar ,” kata Hau Thai-Tang, kepala pengembangan dan pembelian produk Ford, yang dikutip kantor berita Antara pada Senin (22/6) kemarin.

Adapun perkembangan Active Drive Assist milik Ford diawali dari Intelligent Adaptive Cruise Control dan kini semakin disempurnakan dengan Lane Centering, kemudian ada mode hands-free Ford pertama yang berpotensi meningkatkan lebih banyak asistensi mengemudi di masa depan.

John Gilchrist, insinyur Mustang Mach-E, mendemonstrasikan Active Drive Assist, fitur bantuan pengemudi baru yang memungkinkan mengemudi melepas tangannya dari roda kemudi di jalan tol panjang. [Ford via ANTARA].

Cara kerjanya, kamera dilengkapi inframerah canggih akan melacak pandangan mata dan posisi kepala untuk memastikan pengemudi memperhatikan jalan saat berada dalam Mode Hands-Free serta Mode Centering Lane, yang bekerja di jalan mana pun dengan garis jalur.

Lalu, ada petunjuk visual pada kluster instrumen untuk melanjutkan kegiatan mengemudi atau memilih kontrol kendaraan.

Rilis tahun depan

Active Drive Assist bakal diluncurkan untuk produksi Ford Motor Company pada 2021, di antaranya Ford Mustang Mach-E.

Konsumen pertama yang membeli Mustang Mach-E, akan memperoleh hardware Active Drive Assist yang termasuk sebagai paket Ford Co-Pilot360 Active 2.0.

Dan seterusnya, paket software Active Drive Assist bisa diperoleh di dealer Ford, atau melalui pembaruan over-the-air yang tersedia pada kuartal ketiga 2021.

Tag

Yoan Fernanda

Seorang penggemar Pop Culture, baik Western, Korea, maupun Jepang. Dan seorang Petrolhead, fans berat Subaru #FL4TISJUSTICE

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.