Menu Tutup

Konten Netflix di TVRI Diacak di Layanan Pay TV dan VOD

Intro konten Netflix di TVRI

Yang seharusnya ditunggu, berakhir sedih. Semalam, konten tayangan Netflix di TVRI, yang ditunggu oleh banyak orang, ternyata diacak di televisi kabel dan OTT. Indihome UseeTV termasuk didalamnya.

Diduga Terkait Hak Siar

Seperti yang kita ketahui, bahwa Kemendikbud bekerjasama dengan Netflix untuk menayangkan konten Netflix dalam segmen Belajar dari Rumah. TVRI pun menjadi penayang konten utamanya. Namun, sepertinya pemblokiran ini adalah terkait hak siar. Tayangan hanya bisa diakses melalui UHF terrestial analog dan digital.

Dikeluhkan Pemirsa

Lantaran kebijakan tersebut, penayangan konten kerjasama Kemendikbud dan Netflix ini tidak dapat disaksikan melalui televisi berbayar dan daring. Berdasarkan pemantauan Media formasi sejak semalam, hal tersebut dikeluhkan oleh sejumlah warganet di Facebook.

Di salah satu postingan laman Facebook https://www.facebook.com/834702569945788/posts/3207531739329514/?app=fbl (Dikala Anda Menonton Televisi), para pengguna memprotes mengenai konten Netflix yang diacak.

BACA JUGA :  Akhirnya, Telkom Resmi Buka Blokir Netflix

Rata-rata Pemrotes adalah Pengguna Indihome, Pay TV lain pun ada

Rata-rata pengguna yang memprotes adalah pengguna televisi berbayar. Ada yang memprotes kebijakan TVRI, ada juga yang malah ‘menuduh’ provider layanan televisi, salah satunya Indihome UseeTV.

Seperti yang diketahui, Indihome masih memblokir layanan Netflix, karena dianggap ‘belum taat pajak’ dan ‘konten tidak sesuai ciri bangsa’.

Namun, hal ini tidak hanya terjadi di Indihome. Hampir semua layanan TV kabel dan OTT juga melakukan hal yang sama. Menurut pantauan Media Formasi, di layanan TV kabel dan OTT seperti First Media dan Dens.TV, konten Netflix di TVRI pun pula diacak.

TV kabel diacak, DVB-T2 Tidak

Berbeda dengan TV kabel dan OTT yang diacak, konten Netflix di TVRI justru tidak diacak di DVB-T2. Pengguna TV digital terrestial yang telah tercover MUX TVRI dapat menonton konten Netflix tanpa acak dan lebih jernih.

BACA JUGA :  Bukan Biru Lagi, Tampilan Waze Lebih Ceria dan Berwarna

Berbicara Soal Jadwal Tayang

Konten tayangan Netflix di TVRI memiliki jadwal tayang setiap Sabtu pukul 21.30 WIB mulai 20 Juni 2020. Tayangan ini juga akan disiarkan kembali pada hari Rabu dan Minggu pukul 9.00 WIB. Slot tayang ini menggantikan slot film nasional di hari Sabtu dan program pendidikan di hari Rabu dan Minggu.

Kembali ke Atas

BACA JUGA

×