Mercedes-AMG Bakal Mengadaptasi Teknologi Turbocharger Elektrik

Teknologi Jun 29, 2020

Dewasa ini mobil ini di jaman sekarang memiliki performa yang sangat apik, presisi, dan aman. Sehingga sang driver dapat memanfaatkan potensi penuh dari mobil tanpa takut performa mobil menurun. Hal ini dikarenakan berbagai teknologi yang berkembang dari kompetisi balap termutakhir F1 diadaptasi ke dalam mobil versi produksi massal.

Seperti salah satunya turbocharger elektrik yang akan diadaptasi oleh Mercedes-AMG. Dilansir dari Popular Mechanics, turbo elektrik dengan merk Garrett ini nantinya akan dipadukan dengan mesin 4 silinder dari AMG bernama M129 yang berkapasitas 2000cc.

Mesin M129 ini sendiri telah dipakai untuk 45 model mobil pabrikan Mercedes, dan diasumsikan salah satu yang akan mendapatkan mesin sekalligus teknologi turbo elektrik ini nantinya adalah hatchback generasi berikutnya dari Mercedes AMG, yaitu A45.

Cara Kerja Turbocharger Elektrik

Cara kerja dari turbo inipun sangat menarik dibandingkan turbocharger konvensional. Konsepnya adalah untuk memadukan respon cepat turbo yang lebih kecil dengan kapabilitas pembangkit tenaga yang besar.

Seperti halnya F1 MGU-H, motor listrik dipasangkan langsung ke poros yang menghubungkan roda turbin dan kompresor. Motor digerakkan dari sistem listrik 48 volt dan mulai memutar roda kompresor sebelum gas buang memutar turbin.

Mercedes-AMG membuat klaim yang sangat percaya diri terkait outputnya.

“Turbo lag – respons yang biasanya tertunda dari turbocharger konvensional – dihilangkan oleh motor listrik,” kata merek itu dalam siaran pers.

Motor listrik, yang lebarnya 1,6 inci, membuat roda kompresor berputar bahkan ketika pengemudi melepaskan gas, jadi tidak perlu menunggu ketika kembali ke daya. Mercedes mengatakan motor listrik juga membantu meningkatkan torsi low-end, dan pada akhirnya, mungkin dapat memanen energi sendiri, seperti halnya MGU-H.

Penggunaan di Formula 1

Daya dan torsi yang dihasilkan oleh mesin M129 ini sendiri juga menakjubkan, yaitu 414 hp and 369 lb-ft. Namun, belum dikonfirmasi daya dan torsi tambahan yang akan dihasilkan nantinya apabila turbo elektrik ini ditambahkan ke dalam mesin tersebut.

Teknologi ini sebenarnya juga telah diadaptasi oleh Mercedes AMG pada ajang balapan bergengsi Formula 1 selama bertahun-tahun, dan inilah saatnya untuk diterapkan kepada road car.

Tag

Yoan Fernanda

Seorang penggemar Pop Culture, baik Western, Korea, maupun Jepang. Dan seorang Petrolhead, fans berat Subaru #FL4TISJUSTICE

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.