Menu Tutup

[#MiraTalks] Andika Rama “RamStig” Maulana, Harumkan Nama Bangsa Melalui Simracing

Hai, MedForians! Balik lagi nih dengan Mira di episode Mira Talks! ^0^

Kalian pasti sudah sering memainkan game bergenre balapan atau racing kan? Ternyata ada juga pecahan dari genre game ini yang dikhususkan untuk tingkat lanjut, yaitu simracing OwO

Tidak seperti game racing biasa yang dapat menggunakan kontroller tangan biasa, simracing diharuskan memakai satu set kontroller yang mencakup steering wheel, stik perseneling, serta tiga pedal. ^_^

Kali ini kita akan berkenalan dengan Andika Rama Maulana atau julukan dalam gamenya “RamStig”. Kak Rama sudah berkarir dalam dunia simracing sejak tahun 2010 silam loh~ >_< Dia adalah satu dari sekian pemain simracing yang telah mengharumkan nama bangsa melalui prestasi nasional maupun internasional O.O

Seperti apa perbincangan Mira dengan kak Rama? Yuk disimak ^_^

Mira : Halo kak Rama~ Makasih udah mau didatengin Mira (^///^)
Rama : Halo juga Mira~ Gimana kabar Mira hari ini?

Mira : Baik, kak! Kakak gimana? ╰(°▽°)╯
Rama: Kabar baik juga, Mir.

Mira : Oh iya kak, langsung kita mulai. Kakak kok suka banget sama balap-balapan di game?~(●’◡’●)
Rama : Oke Mir, alasan kakak bergabung dalam dunia simracing ini kakak suka banget sama mobil. Kakak juga sempat bercita-cita jadi pembalap loh~

Mira : Iya kak?╰(°▽°)╯ Tapi kok balapannya bukan di sirkuit, kak? ^0^
Rama : Sesuai namanya, simulasi balap, mungkin bisa dibilang “genre game racing” yang bener2 mensimulasikan balapan sebenarnya. Mulai dari Car physics mobilnya, dari technique nya, racing linenya, Strateginya, bahkan sampe cara setting mobilnya juga mensimulasikan keadaan real lifenya.

Mira : Eeeh… terus… Apa bedanya balap di sirkuit dengan balapan di game? ಠ_ಠ
Rama : Yang membedakannya, yang satu bayarnya mahal yg ini balapannya di rumah pake AC.

Mira : Kemudian… apa lagi bedanya kak? ^o^
Rama : terus kalo balap real life kita lebih banyak dapet faktor X nya, mulai dari cuaca, terus kondisi track (walopun simulator skarang juga udah mulai bisa mensimulasikan kondisi trek), sama ya,,, invoicenya om. kalo nabrak tinggal pencet escape back to pits basically everything’s the same even our attitude at virtual track itu juga attitude yang sama kayak kita balapan real life mulai dari cara overtake, respect each other’s racing line, dll karena kita juga rule book nya juga based on FIA.

Mira : Waah keren gitu ya bisa mensimulasikan balapan asli walau cuma di game…ಠ_ಠ
Rama : Hehehe.. Iya Mir.

BACA JUGA :  Update Global Pertama StoneAge World Ungkap Machine Invasion

Mira : Ohiya kak, selama balapan ini kakak sering juara? Apa juga ikut naik podium seperti di F1? ಠ_ಠ
Rama : Iya, Mir. Pertama kali kakak ikut turnamen pas Gran Turismo 4 Asia Online Tournament pada 2011 lalu kakak sempet gagal masuk final, ya karena kakak masih baru sih. Terus tahun depannya ikut turnamen yang sama di Sepang, akhirnya juara. Lawannya berat loh~ Ada dari Malaysia, Korea, Singapore, sama Thailand.

Mira : Waah… Terus kak? ಠ_ಠ
Rama : Pas tanding di Nissan HQ, Yokohama, kakak juara 3 di turnamen dan tahun yang sama. Lawannya lebih berat lagi karena ada Jepang sebagai tuan rumah. Tahun 2014 nya kakak juara 1 lagi di Gran Turismo 6 Asian Championship BMW Z4 Challenge.

Mira : Lagi kak lagi…ಠ_ಠ
Rama : Belum puas ya kamu, Mir. Kakak lanjutin. Tahun 2015 kakak ikut Nissan GT Academy 2015. Kakak peringkat 1 se-Indonesia dan ke-2 se-Asia. Terus pas 2018 kakak ikut RaceRoom Mercedes AMG eRacing Competition, kompetisi nya online. Kakak di urutan kedua se-Dunia loh~ Gara-gara itu kakak ikutan balap di Hockenheim, Jerman. Disana kakak dapet peringkat ke-5.

BACA JUGA :  PlayStation Tangguhkan Iklan di Facebook dan Instagram Hingga Akhir Juli

Mira : Waah keren bisa balapan di luar negeri…ಠ_ಠ
Rama : Hehehe.. Iya Mir. Pas 2019 kakak ikut RaceRoom WTCR eSport di The Rift, Kuala Lumpur, Malaysia. Saat kualifikasi online se-Asia kakak di urutan pertama. Terus saat final race nya, kakak di urutan ke-5. Kakak juga ikut kompetisi tingkat nasional, yaitu Indonesia Digital Motorsport Championship 2019 (IDMC 2019). Kakak berhasil jadi Juara Nasional dan dapat gelar Seeded A Class. Terakhir, kakak juara 1 di Legion of Racers Online League Season 2019. Lombanya se-Asia Tenggara. Saat itu kakak mewakili tim yang saat ini menaungi kakak.

Mira : Waah keren! Mira jadi pengen ikutan balap~ಠ_ಠ Oh iya kak, buat pemula seperti Mira kan ya apa pesan dan harapan kakak?
Rama : Harapan kakak nanti semoga ada new talent yang top makin banyak yang nongol. biar kita bisa compete sama orang orang luar lagi. Sekarang dah mulai banyak regenerasi dan kakak seneng banget. Pesan kakak, harus suka dulu sama balapan. Lomba bisa dicari, sekarang kan sudah banyak banget lomba. Tinggal ikuti saja yang mana.

Mira : Woooh… Makasih kak atas pesan dan harapannya~ Semangat ya kak balapannya nanti! Semoga bisa juara lagi >///<
Rama : Iya, Mir. Makasih juga sudah wawancara kakak.

Itu aja wawancara Mira kali ini (>o<)/ Sampai jumpa di #MiraTalks selanjutnya!

Kembali ke Atas

BACA JUGA

×